Sukses

Juan Paulinus Bikin Jokowi Kagum, Lewati Perjalanan Laut 5 Hari 5 Malam Demi Seleksi Paskibraka Nasional

Juan Paulinus Damianus Faya yang jadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2023 menyita perhatian publik setelah disebut Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta Sosok Juan Paulinus Damianus Faya yang dikukuhkan sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2023 menyita perhatian publik setelah disebut Presiden Jokowi dalam unggahan terbaru di akun Instagram terverifikasi, Selasa (15/8/2023) malam.

Pasalnya, Juan Paulinus Damianus Faya berasal dari Kabupaten Asmat di provinsi baru, Papua Selatan. Perjuangannya ikut seleksi Paskibraka Nasional sangat dramatis lantaran menempuh perjalanan laut selama 5 hari dan 5 malam.

Juan Paulinus Damianus Faya baru saja dikukuhkan sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibraka) tahun 2023. Ia berasal dari Provinsi Papua Selatan,” Jokowi menjelaskan.

Untuk sampai di titik ini, Juan yang berasal dari Kabupaten Asmat harus menempuh perjalanan laut selama 5 hari 5 malam untuk sampai di Kabupaten Merauke mengikuti seleksi Paskibraka tingkat provinsi. Dan lolos,” Jokowi menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4 Provinsi Baru

Presiden Jokowi menyebut Juan salah satu dari 76 pelajar yang tahun ini akan bertugas sebagai Paskibraka pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada 17 Agustus 2023 di Jakarta.

Jika tahun lalu anggota Paskibraka datang dari 34 provinsi, tahun ini mereka datang dari 38 provinsi berkat adanya 4 provinsi baru, termasuk Papua Selatan,” beri tahunya.

3 dari 4 halaman

Anggota Paskibraka Punya Cerita

RI-1 mengingatkan masyarakat Indonesia bahwa tiap tahun ada banyak generasi muda berkompetisi untuk jadi anggota Paskibraka Nasional. Perjuangan mereka layak diapresiasi.

Begitulah. Setiap anggota Paskibraka punya cerita sendiri bagaimana mereka terpilih dan berlatih untuk bertugas dalam upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Jakarta. Semuanya menarik,” ia menyambung.

4 dari 4 halaman

Lilly Indiani Suparman Wenda

Juan Paulinus Damianus Faya tak sendirian mewakili Tanah Papua untuk melayani Ibu Pertiwi. Sosok lain yang disebut Jokowi adalah Lilly Indiani Suparman Wenda dari provinsi Papua Pegunungan.

Pas bawa baki waktu latihan, saya enggak tahu kalau ada Pak Presiden di atas. Senang banget Pak Presiden bisa nonton langsung,” ujar Lilly Indiani Suparman Wenda perwakilan Paskibraka dari Provinsi Papua Pegunungan, kami lansir dari akun Instagram Presiden Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini