Sukses

Komika Raditya Dika Bagikan Tips Usia Milenial Bisa Miliki Rumah

Raditya Dika menceritakan bagaimana mendapatkan rumah pertamanya.

Liputan6.com, Jakarta Komika Raditya Dika, datangi Pesta KPR Summarecon Serpong 2023 di Summarecon Mall Serpong, Kabupaten Tangerang. Bukan tanpa alasan, Raditya bagi-bagi tips kepada anak-anak muda yang hadir, bagaimana bisa memiliki rumah di usia muda.

Sebab, komika ternama Indonesia itu mengaku, rumah pertamanya sudah dia miliki saat usianya masih 28 tahun. Namun, dia sudah merencanakan tujuan keuangannya sejak usianya masih 21 tahun.

"Hal pertama, tulis planning atau perencanaan keuangan, ngayal aja, tapi ditulis. Kita mau punya rumah misal 10 tahun lagi, jadi kita ada patokan perencanaan keuangan," tutur Raditya Dika, Minggu (23/7/2023).

Lalu, action-nya adalah, ketika punya penghasilan, berani untuk langsung menabung atau menyisihkan. Jangan disisihkan di akhir atau sisa dari pengeluaran bulanan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menyisihkan

Raditya Dika menceritakan, dulu dirinya menyisihkan 10 sampai 30 persen dari penghasilan bulanan yang dia dapat. Misal, dirinya yang masih muda juga pernah berprofesi sebagai wartawan berpenghasilan Rp 3.7 juta per bulannya. Saat itu, dia hanya sanggup menyisihkan 10 persen saja dari penghasilan.

"Lalu, penghasilan bertambah dari kesempatan menulis buku, difilmkan, jadi penghasilan disisihkan naik jadi 30 persen. Sampai akhirnya pernah dapat bonus karena film saat itu masuk box office, jadi saat itu disisihkannya sampai 90 persen untuk beli rumah, nggak dibeliin apa-apa lagi, pokoknya mau rumah," tutur Raditya.

 

3 dari 4 halaman

Rumah Pertama

Hingga akhirnya, di usianya ke 28 tahun, Raditya Dika memiliki rumah pertamanya dengan luas sekitar 150 meter persegi. 

Menurutnya, dari usia muda, memiliki mindset pengelolaan keuangan sangatlah penting. Sebab, bila tidak begitu, maka dijamin rumah impian ataupun target capaian hidup lainnya, tidak akan pernah tercapai.

"Bagaimana kita memanfaatkan rezeki yang kita terima. Kadang di kantornya sudah dapat promosi, tapi kok  ditabungan jumlahnya giru-gitu saja. Karir naik bukan berarti gaya hidup naik. Tapi bisa disimpan untuk tujuan keuangan yang penting,"tuturnya.

 

4 dari 4 halaman

Lingkungan Tempat Tinggal

Disamping itu, memiliki rumah impian juga harus memperhatikan lingkungan tempat tinggal. Seperti fasilitas penunjang, tetangga, sampai ruangan di rumah yang bisa fleksibel dimanfaatkan. 

"Untuk itu, manfaatkan Pesta KPR ini, tanya-tanya ke depelovernya, ke perbankannya, yang pas dan cocok itu seperti apa. Karena rumah impian saya belum tentu jadi rumah impian kamu,"katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini