Sukses

Putri Ariani Pernah Nyanyi Dibayar Pakai Beras, Kini Royalti Lagu Loneliness Mengalir Deras

Ibunda mengatakan bahwa Putri Ariani akan mendapat royalti dari penampilan lagu Loneliness di America’s Got Talent.

Liputan6.com, Jakarta Setelah tampil menggelegar dalam America’s Got Talent, Putri Ariani kini “road show” ke berbagai vlog, podcast, hingga tayangan TV. Bukan hal yang mengherankan, karena keingintahuan publik terhadap dara 17 tahun ini memang sedang tinggi-tingginya.

Saat tampil dalam vlog Irfan Hakim misalnya, ia mengungkap sejumlah perjuangannya ketika merintis karier di dunia tarik suara. Ditemani sang ibu, Reni Alfianty, salah satu hal yang diceritakannya adalah bahwa ia dulu pernah dapat bayaran seadanya setelah tampil.

Ini semua terjadi saat Putri masih mengurus perkara manggungnya relatif sendiri.

“Saking polosnya, pernah ada cerita kocak. Dulu sempat dibayar pakai beras doang,” kata Putri Ariani dalam vlog di kanal YouTube deHakims Story yang tayang 11 Juni 2023 lalu.

“Apaan?” tanya  Irfan Hakim tak percaya.

“Anaknya polos kan. Jadi, ‘Ini kok sembako’,” kata Reni sambil tertawa. Sementara Putri sempat menambahkan bahwa ia juga sempat dibayar Rp 50 ribu.

“Ya udah, perjuangan ya,” kata Irfan.

"Iya alhamdulillah, kan dari nol," kata Putri. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dapat Royalti Sebagai Pencipta Lagu

Namun setidaknya, kini jalan rezeki Putri mulai terbuka. Salah satunya lewat lagu "Loneliness" yang ia bawakan di America’s Got Talent.

“Yang kamu nyanyi di sana, itu royaltinya ke kamu?” tanya Irfan Hakim.

“Iya,” kata ibundanya.

“Jadi pencipta lagu kan hidup di sana,” Putri menimpali.

3 dari 4 halaman

Royalti untuk Para Pencipta Lagu

Reni menjelaskan, bahwa cara kerja royalti ini adalah semakin banyak orang yang menonton, makin besar pula pundi-pundi yang ia hasilkan.

“Kan pencipta lagu di luar negeri bisa hidup semua. Kenapa? Setiap lagu yang dibawakan, yang penciptanya Putri, lagunya Putri… Putri semua. Sudah ada tanda tangannya,” kata dia.

Di sisi lain, Putri dan Reni tak membantah atau membenarkan isu soal Simon Cowell memberikannya uang 7 triliun rupiah.  

“Diaminin aja, aamin, gitu loh A’. Semua doa terbaik itu diaminin, A’,” kata Reni.’

4 dari 4 halaman

Isu Uang Triliunan Rupiah dari Simon Cowell

Seperti diketahui, belakangan di media sosial muncul narasi bahwa Simon Cowell memberikan uang dalam nilai fantastis di panggung America’s Got Talent, karena Putri telah bernyanyi dengan baik. Padahal aslinya, sang juri memberikan pujian tanpa embel-embel janji memberi duit.

Apalagi, angka ini jauh lebih besar dari hadiah uang untuk pemenang America’s Got Talent yang “hanya” sebesar US$1 juta atau sekitar Rp 14,8 miliar.

Variasi lain, ada yang menyebutkan lagu “Loneliness” dibeli Simon Cowell dengan harga triliunan rupiah. Namun lagi-lagi tak ada pernyataan Simon Cowell maupun sumber resmi yang mendukung kabar burung ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.