Sukses

Series Jurnal Risa Angkat Kisah Nyata Petualangan Anak yang Dibalut dengan Horor yang Fun, Risa: Ini Jawaban Buat Pertanyaan Semua Orang

Series Jurnal Risa akan tayang di Disney+ Hotstar pada 27 Mei mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Series Jurnal Risa akan tayang di Disney+ Hotstar pada 27 Mei mendatang. Diproduseri oleh Manoj Punjabi, yang menggandeng sutradara Awi Suryadi, bersama penulis buku novel Jurnal Risa: Teror Liburan Sekolah, Risa Saraswati, akan menyajikan series yang diangkat dari kisah nyata. “Yang menarik bagi kita adalah Risa dan sepupunya yang jadi elemen dan true story jadi plus point banget,” ujar Manoj Punjabi saat konferensi pers di CGV Grand Indonesia, pada Jumat (12/5/2023).

Setelah sukses dengan Danur Universe, Risa Saraswati kembali dengan tim jurnalisa yang terdiri dari sepupunya sendiri, untuk mengangkat kisah kehidupan mereka di masa kecil dan dipertontonkan kepada masyarakat luas.

“Jadi inilah jawaban buat pertanyaan semua orang yang penasaran ‘sebenernya Risa dan keluarganya ini langsung bisa komunikasi sama hantu atau pengalaman mereka waktu kecil itu gimana sih’ Nah semuanya dijawab dalam series ini, karena untuk dijadikan sebuah film anak-anak, 1 film aja enggak cukup buat menceritakan bagaimana masa kecil kami,” kata Risa.

Dalam series Jurnal Risa yang berdasarkan kisah nyata, tentu banyak pihak yang akan ikut terlibat, termasuk keluarga dari Risa dan para sepupunya. Lantas untuk pembuatan series ini, Risa perlu meminta izin kepada keluarga besarnya.

“Awalnya saya tanya ke keluarga besar dulu ‘kira-kira ini kalau diangkat jadi sebuah film, orang tua kita gimana’ karena di situ menceritakan orang tua kita, ada kakek kita, dan ternyata mereka enggak keberatan. Terus yang kedua nanya sama sepupu, dan mereka happy banget dan penasaran sama akting anak-anak ini seberapa mirip sama kita,” tambah Risa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Petualangan Anak

Mengangkat kisah petualangan anak-anak, series Jurnal Risa ini akan memberikan tayangan dengan sudut pandang berbeda. “Point of view Risa dan sepupunya umur 10-13 tahun jadi segmen yang belum pernah diangkat, jadi ada horror, family, dan adventure-nya.” kata Manoj.

Menurut sang sutradara pun, tayangan dari series ini dapat ditonton oleh semua umur, “Segala umur atau 13 tahun ke atas, cuman harusnya aman untuk ditonton oleh segala umur.”

Dan agar penonton bisa menikmati tontonan ini, Risa menyarankan untuk menonton bersama, “Ya nontonnya rame-rame sih, sebenernya tidak terlalu menyeramkan karena kita kayak lihat anak-anak berpetualang tapi ada horornya tentu saja.” 

3 dari 4 halaman

Horor yang Fun

Series horor ini dibalut dengan kisah petualangan anak-anak, sehingga akan ada pengalaman berbeda saat menonton. “Bedanya horor anak-anak enggak sadis, enggak banyak darah, enggak yang bikin trauma dan jump scare-nya yang fun, abis kaget terus mereka bisa ketawa sama yang lain. Ceritanya lebih berasa moral message, karena kita pengennya anak-anak yang nonton ‘oh berarti kalau kita ke hutan enggak boleh buang sampah sembarangan,” ucap Awi.

4 dari 4 halaman

Pemeran

Shofia Sheeren berperan sebagai Risa, anak umur 13 tahun, "She's really clever, she smart, dia pinter dalam menyelesaikan masalah dan dia bisa liat mereka (makhluk halus), but some people may she as like a freak atau orang aneh karena kemampuanya dia itu but kemampuan risa itu dimanfaatkan dengan baik (ada temen, sepupu dia yang digangguin dan dia membantu banget karena kemampuan dia itu jadi she's really smart."

Ali Fikri memerankan karakter Angga, salah satu sepupu Risa yang paling dewasa, "Dia juga yang paling nerd di the crew dan dia itu karakternya yang bisa membimbing keluarga dan adik-adik sepupunya. He really like things yang berhubungan dengan supranatural dan dia juga suka belajar tentang sejarah Bandung, jadi dia itu bisa memberikan informasi saat dibutuhkan."

Sheryl Drisanna berperan sebagai Dewi, teman baru risa di Bandung, mereka seumuran dan memiliki kesamaan bisa melihat hantu. Lalu, ada Dimas Putra berperan sebagai Agus, yang sayang dan ingin selalu menjaga adiknya, Dewi. 

Selain itu, ada M. Yusuf Ozkan sebagai Nicko, Alleyra Fakhira sebagai Riri, Alesha Fadillah sebagai Indy, Keanu Azka sebagai Kakang, dan Quentin Stanislavski berperan sebagai Kulon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini