Sukses

Pernah Dukung Vladimir Putin, Deretan Artis Dunia Ini Sekarang Justru Menentang Sang Presiden Rusia Termasuk Leonardo DiCaprio

Sejumlah artis dunia dan bintang Hollywood yang pernah berjabat tangan dengan Vladimir Putin kini terlihat seolah menentang sikap sang Presiden Rusia atas invasi ke Ukraina.

Liputan6.com, Jakarta Memanasnya hubungan Rusia dan Ukraina setelah kediaman Vladimir Putin diserang drone misterius masih menjadi sorotan dunia. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy sudah membantah tudingan pihaknya yang mengirim drone ke Rusia. begitu juga dengan pihak Amerika Serikat.

Gara-gara serangan drone tersebut, beberapa petinggi Rusia dibuat geram. Termasuk salah satunya mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev. Mereka sangat menjaga keselamatan Vladimir Putin hingga Medvedev serukan agar Volodymyr Zelenskyy tak diberi ampun.

Sementara itu, konflik Rusia dan Ukraina sebelumnya sudah melanda kedua negara sejak 2014 silam. Perang makin melebar setelah Rusia melancarkan invasi berskala penuh ke Ukraina pada Februari 2022 lalu. Alhasil, Presiden Rusia Vladimir Putin mendapat pertentangan dari berbagai pihak.

Tak hanya sebagian masyarakat dunia, sejumlah artis dunia dan bintang Hollywood yang pernah berjabat tangan dengan Vladimir Putin pun kini terlihat seolah menentang sikap sang Presiden Rusia atas invasi yang memakan korban jiwa itu. Siapa saja aktor-aktor tersebut? Berikut deretannya termasuk di antaranya ada Leonardo DiCaprio.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Leonardo DiCaprio Sempat Bertemu Vladimir Putin pada 2010

Pertama ada aktor Hollywood Leonardo DiCaprio. Bintang film peraih Piala Oscar itu sempat bertemu Vladimir Putin pada 2010 untuk membahas terancamnya habitat Harimau Siberia yang akhirnya disumbangkan ke kelompok kemanusiaan di Ukraina.

Setelah invasi Rusia ke Ukraina pada 2022 lalu, Leonardo DiCaprio sebulan kemudian menunjukkan penentangan atas keputusan Putin dengan cara mendonasikan hartanya ke PBB melalui Komisaris Tinggi untuk Pengungsi dan Menyelamatkan Anak-anak, disampaikan Associated Press melansir businessinsider.com.

 

3 dari 6 halaman

2. Jean-Claude Van Damme Bertemu Vladimir Putin saat Kunjungi Acara MMA

Bintang laga Hollywood Jean-Claude Van Damme bersama putrinya pernah bertemu Vladimir Putin saat ia mengunjungi mengunjungi acara MMA di St. Petersburg, Rusia pada 2007 silam. Putin juga diketahui merupakan pecinta seni bela diri.

Namun seolah melupakan kebersamaan dengan Putin, Van Damme belum lama ini memilih untuk berkunjung ke Ukraina. Tak hanya berkunjung, Van Damme juga terlihat merekam momen dirinya meneriakkan "Ukraina Jaya" di dekat sejumlah tentara Rusia.

 

4 dari 6 halaman

3. Jack Nicholson Pernah Menawarkan Jabatan Produser untuk Sebuah Film kepada Vladimir Putin

Artis top Hollyood lain yang juga pernah menaruh harapan kepada Vladimir Putin adalah Jack Nicholson. Pada 2001 lalu, Nicholson sempat menawarkan jabatan produser kepada Putin untuk tampil di sebuah film. Sang aktor menyampaikannya setelah Putin berkata menyukai salah satu film terbaik Jack, One Flew Over the Cuckoo's Nest.

Namun setelah konflik antara Ukraina dan Rusia membara, Jack Nicholson memilih untuk mendukung Ukraina. Terlihat Nicholson sempat memajang sebuah batu dengan warna bendera Ukraina dalam sebuah video unggahannya di media sosial sambil menulis, "Kami bersama rakyat Ukraina."

 

5 dari 6 halaman

4. Gerard Depardieu Pernah Nyaris Jadi Warga Rusia

Aktor asal Prancis, Gerard Depardieu juga sempat terlihat akrab dengan Vladimir Putin dalam sebuah pertemuan hangat. Namun pada akhirnya, Gerard Depardieu justru memilih untuk mengkritik kebijakan Putin atas Perang Rusia-Ukraina.

Sempat ditawarkan Putin untuk menjadi warga negara Rusia dan mengungkapkan kecintaannya kepada sang Presiden Rusia, Gerard Depardieu akhirnya melontarkan protesnya atas perang Rusia dan Ukraina, menyebut kedua negara seharusnya bersaudara dan tak saling mengangkat senjata.

Bahkan, salah satu media Prancis mengabarkan Gerard Depardieu akhirnya memilih untuk menjadi warga negara Uni Emirat Arab ketimbang menjadi warga Rusia.

 

6 dari 6 halaman

5. Paul McCartney Pernah Berbincang Hangat dengan Putin di Kremlin

Satu lagi artis dunia yang pernah mendukung Vladimir Putin dan berbalik memprotesnya adalah musisi asal Inggris yang juga mantan personel band The Beatles, Paul McCartney. Paul McCartney pernah bertemu dan berbincang hangat dengan Putin di Kremlin, Rusia pada 2003 silam.

Sejak perang Rusia dan Ukraina meletus, Paul McCartney akhirnya memilih untuk memberikan dukungannya kepada Ukraina. Tampak pada April 2022, Paul McCartney mengibarkan bendera Ukraina di tengah tur dunia 2022 di Spokane, Washington, AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.