Sukses

Prilly Latuconsina Jadi Dosen, Ungkap Awal Mula Tertarik Mengajar Mahasiswa Berkat Perbincangan dengan Nadiem Makarim

Diakui Prilly Latuconsina, minatnya mengajar sebagai dosen bermula dari perbincangan dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim.

Liputan6.com, Jakarta Prilly Latuconsina kembali mengundang perhatian setelah sang aktris sinetron dan film satu ini terlihat mengajar di Universitas Udayana Bali pada Kamis (4/5/2023) kemarin. Kesempatan itu tak disia-siakan Prilly Latuconsina untuk berbagi ilmu dan pengalamannya selama berkarier.

Tak hanya menyampaikan materi pengajaran, Prilly Latuconsina juga sempat menceritakan bagaimana awal mula dirinya tertarik untuk menjadi seorang dosen. Diakui Prilly Latuconsina, semua itu bermula dari perbincangan dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim.

Perbincangan itu membuat Prilly mengetahui bahwa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memiliki program mengajar yang akhirnya membuatnya tertarik ikut bergabung untuk mengajar sebagai dosen.

Melalui akun Instagram @prillylatuconsina96, terlihat Prilly sempat memperlihatkan momen dirinya berbicara dalam gelaran Konferensi Pers Program MBKM Praktisi Mengajar. Di situ, Prilly membeberkan awal mula ia tertarik untuk menjadi pengajar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cerita Prilly Latuconsina Pertama Kali Tertarik Mengajar Berkat Nadiem Makarim

"Waktu itu saya berdialog dengan Mas Menteri untuk acara FKM. Lalu dari situ saya akhirnya tahu kemendikbudristek punya program praktisi mengajar. Dan saat itu juga saya langsung apply (melamar)," ujar Prilly Latuconsina, mengutip video yang diunggahnya melalui Instagram Stories, Jumat (5/5/2023).

Selanjutnya, Prilly juga membeberkan bagaimana dirinya makin tertarik untuk menjadi dosen. Ia juga menyampaikan metode yang dilakukannya saat mengajar mahasiswa.

"Dan saya pelajari lagi teorinya, saya sambungkan lagi dengan pengalaman di pekerjaan. Jadi saya ikut belajar lagi menjadi pengalaman luar biasa bagi saya," ujarnya mengungkapkan.

 

3 dari 5 halaman

Prilly Latuconsina Pernah Mengajar Secara Online

Selain itu, Prilly Latuconsina juga mengungkapkan bahwa sebelum bertatap muka dengan mahasiswa di depan kelas, ia pernah mengajar secara daring alias online.

"Kebetulan materi soal film itu sudah saya masukkan dari awal sekali saya mengajar. Sebelum saya mengajar offline saya sempat mengajar online melalui program praktisi mengajar," bebernya.

 

4 dari 5 halaman

Bukan Pengalaman Pertama Prilly Latuconsina di Program Praktisi Mengajar

Patut diketahui, ini merupakan keterlibatan kedua yang dilakukan Prilly Latuconsina dalam Program Praktisi Mengajar. Sebelumnya, ia mengikuti kelas kolaborasi di Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada pada mata kuliah kajian selebritas.

"Sebagai aktris maupun entrepreneur tentu akan sangat bermanfaat kepada mahasiswa yang sejak pagi hingga siang mendapat materi. Tentu ini semua dalam rangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka, kata Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, M.T., Ph.D. IPU selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Udayana seperti dilaporkan dari Antara.

 

5 dari 5 halaman

Ungkapan Syukur Prilly Latuconsina

Prilly Latuconsina sendiri merasa bersyukur karena Program Praktisi Mengajar yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek itu merupakan salah satu program favoritnya.

"Saya senang sekali bisa mengikuti program ini. Saya merasa tidak hanya mengajar memberikan pengalaman, tapi juga ikut belajar karena dalam proses mengajar ini banyak sekali pertanyaan-pertanyaan dan perspektif mahasiswa yang membuka mata saya lebih luas lagi," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.