Sukses

Pangeran Harry Dipastikan Datang ke Penobatan Raja Charles III, Meghan Markle dan Anak-anaknya Tak Ikut

Kehadiran Pangeran Harry di penobatan Raja Charles dikonfirmasi Istana Buckingham. Meghan Markle tak ikut serta.

Liputan6.com, Jakarta Pangeran Harry akhirnya dipastikan akan ikut menyaksikan momen bersejarah penobatan ayahandanya, Raja Charles III. Kabar ini disampaikan langsung oleh perwakilan Istana Buckingham pada Rabu (12/4/2023) kemarin.

“Istana Buckingham dengan bahagia hendak mengonformasi bahwa Duke of Sussex akan menghadiri Upacara Penobatan di Westminster Abbey pada 6 Mei,” begitu pernyataan pihak Istana, dilansir dari People.

Sayang, Meghan Markle ternyata tak bisa mendampingi sang suami dalam kesempatan ini.

“Sang Duchess of Sussex akan tetap berada di California bersama Pangeran Archie dan Putri Lilibet,” lanjut sang jubir Istana.

Pihak Istana juga tak memberikan kode-kode apakah Pangeran Harry akan mendampingi sang ayah bersama anggota keluarga lain dalam tradisi tampil di balkon Istana Buckingham usai penobatan.

Seperti diketahui, rangkaian acara penobatan Raja Charles III memakan waktu selama tiga hari—termasuk konser di Kastil Windsor. Pangeran Harry diduga tidak akan mengikuti rangkaian acara selain penobatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akhir dari Teka-teki Kehadiran Pangeran Harry

Pernyataan resmi ini akhirnya mengakhiri teka-teki soal kehadiran Pangeran Harry di tengah keretakan hubungan dengan keluarganya. Pada awal Maret lalu, perwakilan Meghan dan Pangeran Harry mengonfirmasi bahwa sudah ada korespondensi antara pihak mereka dan kerajaan soal penobatan ini.

Namun kala itu Pangeran Harry belum bisa memberikan jawaban pasti akan hadir di acara tersebut atau tidak.

3 dari 4 halaman

Sama-Sama Ingin Pangeran Harry Hadir ke Penobatan

Sumber yang dekat dengan pihak Pangeran Harry dan Raja Charles yang dikutip People memastikan keduanya punya keinginan serupa. Yakni untuk Pangeran Harry hadir dalam upacara penobatan ini.

“Ini adalah sebuah momen bersejarah untuk Charles, dan ia ingin anaknya berada di penobatan, menyaksikannya. Ia ingin Harry kembali kepada keluarga. Bila hal ini tak dibereskan, isu bahwa (Raja Charles) membiarkan keluarganya retak akan selalu menghantui kepemimpinannya,” kata sumber yang dekat keluarga kerajaan.

4 dari 4 halaman

Pangeran George Jdi Pendamping Raja Charles III

Di sisi lain, dalam penobatan ini Raja Charles juga akan didampingi secara langsung oleh cucu sulungnya, Pangeran George. Bocah sembilan tahun ini dipilih menjadi salah satu Pages of Honor atau Pendamping Kehormatan Raja Charles.

Keikutsertaan Pangeran George dalam momen bersejarah ini rupanya telah didiskusikan panjang lebar di lingkungan keluarga.

“[Pangeran William dan Kate Middleton] menyadari bahwa (Pangeran George) sudah cukup besar untuk mengerti apa yang sedang terjadi,” kata seorang sumber kerajaan kepada People.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.