Sukses

Heboh Ibu Ida Dayak, Deretan Artis Ini Lebih Percaya Pengobatan Alternatif Ketimbang Medis

Metode pengobatan tradisional yang dilakukan Ibu Ida Dayak ini barangkali bukan hal baru lantaran sejumlah orang, termasuk beberapa artis mempercayakan kesehatan mereka kepada praktisi pengobatan alternatif.

Liputan6.com, Jakarta Ramainya perbincangan mengenai pengobatan Ibu Ida Dayak yang menghebohkan, telah menjadi satu fenomena tersendiri. Bahkan, viralnya Ibu Ida Dayak di media sosial membuat banyak pihak mengungkapkan kekagumannya.

Beberapa selebriti sudah ikut berbicara mengenai fenomena pengobatan Ibu Ida Dayak ini. Sebut saja Tsania Marwa dan Antonio Blanco Jr. Keduanya menyatakan percaya dengan keampuhan pengobatan Ibu Ida Dayak seperti yang disampaikan orang-orang.

Metode pengobatan tradisional yang dilakukan Ibu Ida Dayak ini barangkali bukanlah hal yang baru. Sejumlah orang sempat mempercayakan kesehatan mereka kepada praktisi pengobatan alternatif secara tradisional.

Termasuk di antaranya beberapa selebriti papan atas Tanah Air. Bahkan, beberapa tahun lalu sejumlah artis sempat mengungkapkan rasa percaya mereka kepada pakar pengobatan alternatif ketimbang medis. Siapa saja? Berikut deretannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Almarhum Olga Syahputra

Semasa hidupnya, almarhum presenter sekaligus komedian Olga Syahputra merupakan salah satu artis  yang tak percaya dengan obat-obatan kimia.

Bahkan, Olga sempat beberapa kali berobat ke praktisi herbalis Jeng Ana dan Habib Selon. Ia juga sempat mempercayakan doa dan obat yang diberikan oleh Habib Selon.

"Enggak tahu kenapa hati saya diyakini enggak usah pakai obat. Doa saya sama Allah, kayak dapat petunjuk akhirnya dikasih daun sirih sama air putih, didoain, alhamdulillah enggak terjadi apa-apa. Saya yakin kekuatan doa," kata Olga, melansir Kapanlagi.com, pada 2014 lalu.

3 dari 5 halaman

2. Ringgo Agus Rahman

Ringgo Agus Rahman juga sempat mengutarakan hal yang sama seputar penyembuhan penyakit. Ia lebih percaya dengan pengobatan alternatif.

Hal itu diyakini Ringgo saat ia mengalami kecelakaan sewaktu syuting beberapa waktu lalu. Ringgo beralasan dirinya takut dioperasi.

"Dia enggak mau dioperasi, takut. Jadi cara alternatif aja," ujar Ade, Manajer Ringgo, melansir Kapanlagi pada 2014 silam.

4 dari 5 halaman

3. Epy Kusnandar

Salah satu selebriti Indonesia yang percaya dan berhasil sembuh melalui metode pengobatan tradisional adalah Epy Kusnandar. Sang aktor sekaligus komedian sempat menderita kanker otak. Hidup Epy Kusnandar juga sempat diprediksi tak bertahan lama setelah divonis penyakit itu.

Namun, segala upaya dilakukannya termasuk mendatangi tempat praktek ahli herbalis Jeng Anna pada 2011 lalu. Setelah berjuang cukup lama menjalani pengobatan, Epy berhasil sehat kembali.

5 dari 5 halaman

4. Ratu Meta

Pedangdut Ratu Meta pernah mengidap penyakit serius. Saat memeriksakan diri ke dokter, ia divonis terkena gejala kanker payudara.

"Awalnya aku merasa ada benjolan di payudara sebelah kiri. Aku diamkan saja, pas periksa ternyata ada tumornya," ungkap Ratu Meta saat melakukan proses pengobatan kepada herbalis Jeng Ana di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, pada 2015 lalu.

Takut dengan penyembuhan secara medis yang mengharuskan operasi besar, Ratu Meta pun memilih menjalani pengobatan secara herbal. Di situ, ia mendapat masukan yang cukup melegakan hati.

"Ternyata kanker payudaranya masuk kategori jinak. Sebelum menyebar semua, aku diharusnya mengonsumi herbal yang diberikan oleh Jeng Ana ditambah menjalani pantangan pola makan," papar Ratu Meta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.