Sukses

Suga Ikut Berduka atas Meninggalnya Musisi Ryuichi Sakamoto, ARMY Kenang Komentar Mendiang soal Rapper BTS

Ryuichi Sakamoto memang diketahui sempat bertemu dengan Suga BTS, dan menuliskan pengalamannya dalam esai di majalah sastra Shincho.

Liputan6.com, Seoul - Kabar meninggalnya musisi legendaris Ryuichi Sakamoto sampai ke telinga Suga BTS. Sang idola K-Pop ini mengungkap pernyataan bela sungkawa dalam sebuah unggahan Instagram Stories, Senin (3/4/2023) jelang dini hari, waktu setempat.

Ia memanggil mendiang komposer ini dengan sebutan “seongsaengnim” yang merujuk pada guru atau seseorang yang dihormati karena kemampuan dan ilmunya.

Seongsaengnim, kuharap perjalananmu yang jauh ini begitu damai. R.I.P Sakamoto Ryuichi,” tulis Suga BTS.

Ryuichi Sakamoto diketahui sempat bertemu dengan sang idol K-Pop. Diwartakan Koreaboo pada Januari 2023, hal ini ditulis dalam esai mendiang di majalah sastra Shincho. Komposer peraih Piala Oscar ini mengungkap sanjungan untuk Suga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ryuichi Sakamoto dan Suga BTS Sempat Bertemu

Dalam pertemuan ini, keduanya berbincang mengenai pandangan mereka di dunia musik. Termasuk ketertarikan Suga di bidang ini setelah menonton The Last Emperor, film yang memasang Ryuichi Sakamoto sebagai music director.

Di tulisannya, mendiang Ryuichi memuji Suga memiliki hasrat dan semangat yang membara dalam bermusik.  

3 dari 4 halaman

Kata Ryuichi Sakamoto, Suga BTS Rendah Hati

“Meski ia adalah idola top, saat kami berbincang aku merasa ia begitu rendah hati dan seorang anak muda keren yang serius mengenai musiknya. Bahkan aku sampai berpikir, apa ia punya hobi lain selain bermusik,” tulis Ryuichi.

Pernyataan mendiang Ryuichi kembali dibagikan ARMY—sebutan bagi penggemar BTS—begitu kabar duka mengenainya tersebar.  Tak sedikit pula yang membagikan kembali momen saat Suga membawakan salah satu karya mendiang yakni “Merry Christmas Mr. Lawrence,” dengan menggunakan piano.

"Berita duka, salah satu idola SUGA, Mr. Ryuichi Sakamoto telah meninggal dunia. Rest in peace Mr. Sakamoto," cuit akun Twitter @SugaIndoFanbase.

4 dari 4 halaman

Perjalanan Hidup Ryuichi Sakamoto

Diberitakan sebelumnya, Ryuichi Sakamoto meninggal dunia pada 28 Maret 2023.

Sebelum meninggal dunia, Ryuichi Sakamoto diketahui menderita kanker. Juni tahun lalu, diumumkan bahwa ia tengah bertarung melawan kanker stadium 4. Sebelumnya, ia didiagnosis dengan kanker kerongkongan pada 2014 dan kanker rectum tahun 2021.

Ryuichi Sakamoto salah satu pendiri dan member grup Yellow Magic Orchestra, yang memengaruhi perkembangan musik techno-pop dan hiphop. Ia juga komposer yang terlibat dalam sejumlah film termasuk The Last Emperor, yang memberikannya Piala Oscar pada 1988.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.