Sukses

Ridwan Kamil Digelari Yang Mulia Paduka dan Dipertuan Agung Usai Tak Terima Dipanggil Maneh oleh Guru SMK

Sejumlah netizen kini memanggil Ridwan Kamil dengan sebutan Baginda, Yang Mulia Paduka, hingga Yang Dipertuan Agung setelah tersinggung dipanggil Maneh.

Liputan6.com, Jakarta Ridwan Kamil kini mendapat sejumlah gelar baru oleh netizen, dari Baginda, Yang Mulia Paduka, hingga Yang Dipertuang Agung. Rupanya, gelar ini sindiran menyusul insiden guru SMK di Cirebon dipecat gara-gara memanggil Gubernur Jawa Barat dengan sebutan maneh.

Kasus ini bermula ketika Ridwan Kamil mengunggah video cuplikan menyapa para siswa via Zoom. Diunggah di Instagram terverifikasi, 14 Maret 2023, tampak bintang film Dilan 1990 mengenakan jas kuning, warna identitas Partai Golkar, parpol yang kini menaunginya.

Ridwan Kamil menuai sejumlah komentar. Salah satunya, guru SMK bernama Muhamad Sabil Fadhilah yang menulis, “Dalam zoom ini, maneh teh keur jadi sebagai gubernur, kader partai, atau pribadi Ridwan Kamil (Dalam zoom ini, lo lagi jadi Gubernur, kader partai, atau pribadi Ridwan Kamil)?”

Terusik komentar ini, Jabar-1 membalas, “Menurut maneh kumaha?” Interaksi di jagat maya ini berbuntut panjang. Kanal Bisnis Liputan6.com, Senin (20/3/2023) melaporkan, Kantor Cabang Dinas menggelar rapat dengan pihak sekolah yang berujung keputusan mengejutkan.

Melansir dari berbagai sumber, maneh dalam kosakata bahasa Sunda artinya kamu. Namun maneh merupakan diksi atau pilihan kata yang relatif kasar jika digunakan untuk berbicara dengan orang yang tak dikenal atau kurang akrab.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Langsung Gelar Rapat

“Sekolah langsung menggelar rapat dan sekolah diminta KCD (Kantor Cabang Dinas) untuk mencabut Dapodik (Data Pokok Pendidikan) saya dari sekolah saya mengajar,” keluh Sabil. Kabar tersebut sampai ke telinga Ridwan Kamil yang kemudian menyesalkan insiden ini.

Lewat akun Instagram terverifikasi, ia mengklarifikasi seraya berpendapat, seorang pemimpin harus terbuka terhadap kritik walau kadang disampaikan secara kasar. Selama menjabat, Ridwan Kamil mengaku menerima ribuan kritik. Ia merespons dengan santai alias biasa saja.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Klarifikasi Ridwan Kamil

Kadang ditanggapi dengan memberikan penjelasan ilmiah, kadang dibalas dengan bercanda saja,” tulisnya. Kepala KCD Pendidikan Wilayah X Jawa Barat Ambar Triwidodo dan pihak sekolah akhirnya sepakat mempertahankan Sabil sebagai guru. Namun, sejumlah netizen tampak masih gondok.

Pantauan Showbiz Liputan6.com hari ini misalnya, mendapati sejumlah netizen menggelari Ridwan Kamil dengan beragam sebutan ningrat di kolom komentar unggahan terbarunya yang bertajuk: 73,3 Tahun, Usia Harapan Hidup Warga Jabar.

 

4 dari 4 halaman

Semoga Yang Mulia Paduka

Semoga yang mulia paduka ridwan kamil sehat selalu,” @ahme**** mencuap di kolom komentar. “Yang terhormat yang di Pertuan Agung Baginda Yang Mulia Bapak Gubernur Jawa Barat,” @boim**** menimpali. “Hamba siap diperintah Paduka,” sahut @herry****.

Baginda maharaja @ridwankamil juga harus banyakin makan sayur alias lalaban, biar sehat dan panjang umur,” @fauzi**** menimbrung. Saat artikel ini disusun, pihak Ridwan Kamil belum memberi tanggapan resmi terkait rentetan gelar dadakan yang disematkan netizen padanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.