Sukses

Film India RRR Cetak Sejarah Menang Piala Oscar Lewat Lagu Naatu Naatu, Kalahkan Lady Gaga dan Rihanna

India kirim kandidat di Oscar 2023 kategori Soundtrack Terbaik lewat film box office RRR. Lagu “Naatu Naatu” yang berbahasa Telugu menang Piala Oscar.

Liputan6.com, Jakarta India mengirim kandidat di ajang Oscar 2023 kategori Lagu Tema Film alias Soundtrack Terbaik lewat film box office RRR. Lagu “Naatu Naatu” yang berbahasa Telugu menang Piala Oscar.

Naatu Naatu” mengantar musisi M. M. Keeravani dan Chandrabose naik ke panggung lalu menerima Piala Oscar di The Dolby Theatre Los Angeles, AS, pada Minggu (12/3/2023) waktu setempat.

Film India RRR mengalahkan para raksasa musik Hollywood antara lain Diane Warren, Lady Gaga, dan Rihanna. Dalam pidato kemenangan, Keeravani berharap kemenangan RRR menjadi kebanggaan bagi setiap warga India.

“Terima kasih, Komite Academy Awards. Saya tumbuh dengan mendengarkan The Carpenters, dan sekarang saya di sini bersama Oscar,” katanya, seperti diberitakan LA Times, Senin (13/3/2023) waktu Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hanya Ada Satu Keinginan

M. M. Keeravani mengakui, sejak awal berharap “Naatu Naatu” mendunia dan bisa membawa pulang Piala Oscar. Menang Oscar bagi sang musisi serasa terbang ke puncak dunia.

“Hanya ada satu keinginan di pikiran saya... Film RRR harus menang (dan ini akan jadi) kebanggaan setiap (orang) India, dan akhirnya bisa menempatkan saya di puncak dunia,” serunya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Cetak Sejarah Baru

BBC pada Januari 2023 mencatat “Naatu Naatu” dan RRR sebagai film fitur India pertama yang menerobos nominasi Oscar bukan untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik atau Film Internasional Terbaik.

Kali terakhir, orang India menang Oscar kategori Soundtrack Terbaik terjadi pada 2009. Kala itu, AR Rahman memenangkan lewat “Jai Ho” film Slumdog Millionaire karya sineas Inggris Danny Boyle.

 

4 dari 4 halaman

Menang Golden Globe dan Critics' Choice Award

“Naatu Naatu” mengalahkan kandidat lain yakni “Tell It Like a Woman” (Diane Warren). “Hold My Hand” (Lady Gaga dan BloodPop), “Lift Me Up” (Tems, Rihanna, Ryan Coogler, dan Ludwig Göransson), serta “This Is a Life” (Ryan Lott, David Byrne, dan Mitski).

Kemenangan “Naatu Naatu” telah diprediksi banyak pihak. Sebelum melenggang ke Oscar, nomor riang ini memetik kemenangan di ajang Golden Globe Awards dan Critics' Choice Award 2023. Sejak itu, para pencinta film berharap “Naatu Naatu” membawa pulang Oscar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.