Sukses

6 Artis Peraih Oscar Ini Ternyata Belum Pernah Menang Golden Globe Awards, Nomor 3 Sudah Meninggal Dunia

Para artis kelas dunia ini sudah membawa pulang Piala Oscar. Apes, hingga kini mereka tak pernah sekalipun menang kompetisi di ajang Golden Globe Awards.

Liputan6.com, Jakarta Laporan khusus jelang malam puncak Oscar 2023 yang akan diselenggarakan di The Dolby Theatre, Los Angeles, AS, 12 Maret 2023 waktu setempat, kembali hadir untuk Anda. Seperti diketahui, karier mayoritas pemenang Oscar melesat hingga jadi legenda sinema kelas dunia.

Tahukah Anda, sejumlah peraih Piala Oscar ternyata ada yang belum pernah menang Golden Globe Awards. Berdasarkan data Showbiz Liputan6.com, mereka yang belum menang Golden Globe ini rupanya telah berkarier di layar lebar lebih dari 30 tahun.

Bahkan, ada yang telah meninggal dunia tanpa pernah menggenggam piala Golden Globe Awards. Ada pula yang sudah menang dua Oscar tapi selalu gagal saat berkompetisi di Golden Globe, hingga akhirnya diganjar a lifetime achievement alias pengabdian seumur hidup.

Jelang malam puncak Oscars 2023 atau Academy Awards ke-95, kami sajikan daftar 6 aktor atau aktris peraih Oscar yang belum pernah menang Golden Globe Awards. Setiap festival atau ajang penghargaan film memang punya selera sendiri. Mari simak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Susan Sarandon

Entah “dosa” apa yang diperbuat aktris legendaris Susan Sarandon hingga tak pernah menang Golden Globe. Kali pertama jadi nomine pada 1989 sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik Film Musikal atau Komedi via Bull Durham, hingga kini ia 9 kali dinominasikan dan gagal.

Debut akting sejak 1970 lewat Joe, Susan Sarandon jelas bukan aktris kemarin sore. Pada 1996, akhirnya ia menang Oscar Pemeran Utama Wanita Terbaik dalam Dead Man Walking bermodal kemenangan di SAG Awards. Sejak itu ia tak pernah masuk bursa Oscar lagi.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 7 halaman

2. Anthony Hopkins

Peraih Oscar tertua dalam sejarah lewat The Father (pada 2021, usianya 83 tahun), Anthony Hopkins selalu apes di Golden Globe Awards. Pada 1992, ia meraih Oscar pertama dalam The Silence of The Lambs. Namun di Golden Globes, ia dikalahkan Nick Nolte (The Prince of Tides).

Akting Anthony Hopkins di The Father juga gagal meraih Golden Globe karena dijegal almarhum Chadwick Boseman dalam Ma Rainey's Black Bottom. Untunglah Anthony Hopkins dihadiahi Komite Golden Globes, penghargaan khusus Cecil DeMille Awards pada 2006.

4 dari 7 halaman

3. William Hurt

Berkarier sejak 1977 dan membintangi 103 film, FTV, serial, dan miniseri, William Hurt meninggal dunia pada 2022 di usia 72 tahun. Sepanjang hayat, ia 4 kali jadi nomine Oscars dan menang Pemeran Utama Pria Terbaik lewat Kiss of the Spider Woman pada 1986.

Keputusan Komite The Academy tak sejalan dengan Golden Globe Awards yang kala itu memenangkan Jon Voight (Runaway Train). Sampai tutup usia, William Hurt 6 kali dinominasikan Golden Globe dan tak pernah sekali pun menang. Sayang sekali…

5 dari 7 halaman

4. Penelope Cruz

Sudah 34 tahun Penelope Cruz mengabdikan diri di dunia akting dan Golden Globe Awards belum sekalipun menghadiahinya piala. Oscar dan BAFTA Awards mengapresiasi kinerjanya dengan piala Pemeran Pendukung Wanita Terbaik berkat film Vicky Christina Barcelona.

Golden Globes kala itu menyerahkan piala Pemeran Pendukung Wanita Terbaik untuk Kate Winslet dalam The Reader. Uniknya, pada tahun itu (2009) akting Kate Winslet di The Reader malah menang Piala Oscar Pemeran Utama Wanita Terbaik.

6 dari 7 halaman

5. Marissa Tomey

Kemenangan Marissa Tomey sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik lewat My Cousin Vinny memantik kontroversi karena dinilai kritikus kurang pantas. Apalagi, Golden Globe Awards dan BAFTA tak menominasikannya. Sang aktris lantas membuktikan kesaktiannya.

Marissa Tomey kembali meraih nominasi Oscar lewat In The Bedroom dan The Wrestler. Dua film ini juga mengantar bitnang film Spider-Man: No Way Home meraih nominasi Golden Globe Awards pada 2002 dan 2009. Sayangnya, sebatas nominasi. Tak menang.

7 dari 7 halaman

6. Mark Rylance

Tahun 2015 fase emas bagi Mark Rylance. Ia dipinang Steven Spielberg sebagai Rudolf Abel dalam Bridge of Spies. Peran ini mengantar Mark Rylance menang BAFTA Awards dan Oscar Pemeran Pendukung Pria Terbaik. Ia juga menang BAFTA Awards lewat serial Wolf Hall.

Sayangnya, langkah Mark Rylance di Golden Globe Awards pada tahun itu hanya sampai di level nominasi Pemeran Pendukung Pria Terbaik Layar Lebar (Bridge of Spies) dan Pemeran Utama Pria Terbaik Miniseri atau FTV (Wolf Hall). Itu saja, sampai sekarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.