Sukses

YouTuber David GadgetIn Jadi Korban Salah Foto Berita Mario Dandy di Media Internasional

Di kolom Instagram David GadgetIn sendiri, ia ramai-ramai diledek warganet setelah fotonya dipakai untuk pemberitaan kasus Mario Dandy.

Liputan6.com, Jakarta Para pemerhati teknologi mungkin sudah hafal dengan sapaan khas David GadgetIn dalam konten YouTube-nya. Namun kali ini "sapaannya" di media internasional bikin geger media sosial.  

Pasalnya, foto David GadgetIn muncul dalam pemberitaan kasus penganiayaan Dandy Mario anak eks pejabat pajak oleh media yang berbasis di Singapura, The Strait Times. Seperti diketahui, kebetulan nama korban dalam kasus ini juga David.

Kekeliruan ini langsung jadi viral, cuitan The Strait Times soal tautan tersebut langsung digeruduk warganet. Saat artikel ini ditulis, Minggu (26/2/2023), postingan tersebut di-retweet dan quote tweet lebih dari 5 ribu warganet.

Tak sedikit pula yang meng-capture unggahan ini, dan membagikannya kembali ke media sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ditegur Warganet

Tak sedikit yang melayangkan teguran untuk The Strait Times soal kekeliruan ini.

Please revise this. You are using the wrong person's photo and threatening his reputation,” cuit akun centang biru @newsplatter.

“I think you should double check your information next time, you got the wrong photos !” kata @Firdaussalim24.

3 dari 4 halaman

Respons David

Kehebohan ini sampai juga ke telinga David GadgetIn, yang merespons insiden salah foto tersebut di akun terverifikasi @gadgetins.

“Kalau yang nulis emang ngikutin cerita anak Rubicon, pasti tau mukanya kayak gimana. Lah ini gambar ilustrasinya aja salah. Yg nulis beneran tau apa yg dia tulis ga sih, atau pake ChatGPT doang,” kata sang YouTuber kondang.

Untungnya, artikel ini akhirnya diedit oleh The Strait Times. Wajah David GadgetIn telah berganti foto ilutrasi media ini.

“Wih udah diedit,” cuit David GadgetIn, sambil menyertakan emotikon tawa.

4 dari 4 halaman

Diledek Warganet

Di kolom Instagram David GadgetIn sendiri, ia ramai-ramai diledek warganet. Tak sedikit, yang memelesetkan sapaan khas maupun pernyataan David saat mereview gawai di konten YouTube-nya.

“Hallo guys david diberita,” kata @avheyyy.here.

Halo guys david disini , lah muka gw kok disitu,” tulis @fatkomik.

“Hallo gays,, rubicon disini dan ini adalah David 😂😂” pengguna akun @dhanieaardian ikut berkomentar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.