Sukses

Park Min Young Diperiksa soal Kasus Penggelapan Sang Mantan Pacar, Dicekal Tak Boleh Keluar Negeri

Dari Park Min Young, kita bisa mengambil pelajaran untuk hati-hati memilih pacar.

Liputan6.com, Jakarta Park Min Young terseret kasus hukum gara-gara jalinan asmara pada masa lalu. Sejumlah media Korea Selatan mengabarkan bahwa aktris drakor Love in Contract ini dipanggil sebagai saksi atas kasus penggelapan sang mantan kekasih, Kang Jong Hyun.

Diberitakan Korea Joongang Daily dan Korea Herald, Rabu (15/2/2023), Park Min Young diperiksa jaksa sebagai saksi. Hal ini diumumkan oleh Kejaksaan Distrik Seoul Selatan pada Selasa, larut malam kemarin.

Sang aktris juga dicekal, dilarang bepergian keluar negeri.

The Korea Times juga menggarisbawahi bahwa Park Min Young diperiksa pada Senin pekan ini, setelah jaksa menemukan nama sang aktris di daftar akun bank yang melakukan transaksi convertible bond di Bithumb.

Jaksa melakukan pemeriksaan untuk menemukan kemungkinan apakah ia terlibat dalam dugaan pelanggaran hukum yang dilakukan sang mantan. Dicari juga apakah sang aktris mendapatkan keuntungan materil dari transaksi ilegal yang dilakukan oleh perusahaan Kang Jong Hyun, maupun rekanannya.

Jaksa masih mempertimbangkan apakah Park Min Young perlu diinvestigasi lebih lanjut. Sementara itu Park Min Young dilaporkan membantah dirinya terlibat dalam semua perbuatan ilegal mantannya ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kasus Bithumb

Seperti diketahui, Kang Jong Hyun adalah pebisnis yang diduga sebagai pemilik platform perdagangan cryptocurrency raksasa Korea Selatan, Bithumb. Ia adalah kakak dari Kang Ji Yeon, pemegang saham terbesar di Inbiogen, yang memiliki saham terbesar di Vidente.

Vidente sendiri, adalah perusahaan yang memiliki saham mayoritas di Bithumb. Hanya saja Kang Ji Yeon diyakini hanyalah kedok belaka, dan Kang Jong Hyun adalah pemilik sebenarnya perusahaan ini.   

Jaksa menduga Kang Jong Hyun dan rekanannya, termasuk anggota keluarganya sendiri, ikut serta dalam praktik perdagangan yang curang. Rekanan perusahaan menerbitkan convertible bond atau obligasi konversi, sehingga mereka mendapatkan dana haram dengan cara menaikkan harga saham.

Awal bulan ini, Kang Jong Hyun telah ditangkap dengan sejumlah dakwaan, termasuk penggelapan.

3 dari 4 halaman

Sudah Bubar

Park Min Young mulai dikait-kaitkan dengan Kang Jong Hyun setelah hubungan mereka terungkap ke publik pada Oktober tahun lalu. Apalagi kakak perempuan Park Min Young diketahui juga tercatat sebagai petinggi di perusahaan milik Kang Ji Yeon.

Namun tak lama setelah kabar ini mencuat, sang aktris menegaskan bahwa hubungan keduanya sudah bubar. Agensinya juga menegaskan bahwa Park Min Young sama sekali tak “dihidupi” sang mantan selama berhubungan.

4 dari 4 halaman

Tak Dapat Sokongan Finansial

“[Isu] bahwa Park Min Young menerima sokongan finansial yang besar dari sosok ini juga tidak benar,” kata perwakilan agensi. Ditambahkan bahwa kakak perempuan Park Min Young mundur dari kedudukannya di Inbiogen—perusahaan yang sekarang tengah dipermasalahkan.

Kang Ji Young juga mengeluarkan pernyataan senada saat diwawancara Dispatch pada pertengahan Oktober 2022.

“Satu-satunya hal yang kuberikan kepada Park Min Young adalah tas Chanel pada hari ultahnya. Aku menerima lebih banyak (hadiah dari Park Min Young)," kata Kang Ji Young, yang mengaku aslinya tak berduit—dan bahkan punya kredit macet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.