Sukses

Cerita Melinda Babyanna Bantu Caren Delano Bangun Lini Busana Faboo, Ingat Deadline 3 Bulan Harus Jadi

Caren Delano mengenang kolaborasi bersama TBF Consultant dalam membangun lini busana Faboo. Kala itu ia minta dalam tempo 3 bulan harus beres.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak romantika dalam persahabatan Caren Delano dengan Founder and CEO The Bespoke Fashion (TBF) Consultant Melinda Babyanna. Ini terungkap dalam perayaan ulang tahun ketiga TBF Consultant yang digelar di Jakarta Selatan, Kamis (2/2/2023).

Dalam sesi gelar wicara, Caren Delano mengenang kolaborasi bersama TBF Consultant dalam membangun lini busananya, Faboo. Kala itu ia minta dalam tempo 3 bulan harus beres. Padahal, Melinda Babyanna mengingatkan, proyek ini paling cepat butuh waktu setengah tahun.

Ini terjadi kala pandemi Covid-19 menerjang Indonesia. Berbincang dengan Showbiz Liputan6.com seusai acara, Melinda Babyanna menyatakan, punya bisnis di bidang fashion impian banyak orang tak terkecuali mereka yang punya latar mode atau berada di industri fashion.

“Cuma memang untuk memiliki bisnis fashion tuh bukan mudah. Kita butuh proses seperti formula yang kita punya. Tadi, kan Caren Delano cerita minta tiga bulan (beres) saya bilang: Enggak mungkin, enggak masuk akal. (Dia bilang) enggak apa-apa deh kita coba,” kata Melinda Babyanna.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minimal 6 Bulan

“Ternyata, memang gagal. Karena kami punya formula minimal tuh enam bulan,” imbuhnya seraya menambahkan, “Kenapa enam bulan? Karena kami butuh brand DNA development, pembuatan desain, costing, sampel, hingga produksi. Enam bulan itu sudah paling cepat.”

Ketika Caren Delano mau mengambil jalan pintas, pasti ada hal-hal yang dipangkas. Insiden ini rupanya jadi momen titik balik yang berharga bagi Caren Delano. Dari sini ia sadar, saran serta strategi perencanaan TBF Consultant selama 6 bulan itu benar adanya dan memang matang.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Memasuki Tahun Ketiga

Caren Delano mengapresiasi Melinda Babyanna dan tim yang menguatkan fondasi Faboo menjadi sehebat sekarang. Memasuki tahun ketiga, TBF Consultant yang lahir 5 Januari 2020 sukses mementori lebih dari 60 klien atau brand fashion yang hampir 99 persen mereka tak punya background mode.

Melinda Babyanna lantas memaparkan apa saja yang harus dipunya seseorang saat hendak berbisnis di lahan mode. Pertama, kapital. Kedua, akses ke supplier yang kompeten. Ketiga, manpower salah satunya, penjahit yang kompeten sekaligus kredibel. Terakhir, rencana bisnis.

 

4 dari 4 halaman

Harus Ada Proyeksi

“Semua harus ada proyeksinya, misalnya punya modal 50 juta rupiah. Post-nya ke mana saja sih? Nah itu tugas kami untuk membuatkan skema,” urai Melinda Babyanna lalu membocorkan sejumlah rencana besar yang akan dieksekusi sepanjang tahun ini.

Salah satunya, TBF Consultant podcast, platform baru yang dapat didengarkan di Spotify. Podcast ini akan membahas dari perspektif bisnis ritel pelaku mode lokal hingga “dapur” lini busana kondang yang menjadi bagian ekosistem industri fashion Tanah Air.

“Kami juga akan bikin fashion business conference pertama di Indonesia yang menyatukan para pebisnis (mode) dalam satu ekosistem, sekitar Agustus atau September 2023. Situs resmi TBF Consultant pun kami perbarui agar lebih user friendly,” ia mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.