Sukses

Pantangan Nunung Srimulat Setelah Didiagnosis Kanker Payudara, Setop Makan Daging dan Tidak Boleh Stres

Dokter juga menyarankan Nunung Srimulat tidak memikirkan hal yang berat.

Liputan6.com, Jakarta Komedian Nunung Srimulat mulai memerhatikan betul asupan makanan yang dikonsumsi. Pasalnya, ia mendapati tumbuhnya benjolan, yang didiagnosis kanker payudara.

Sementara ini Nunung mengaku setop mengonsumsi daging, dan diharuskan rajin minum jus. Nunung rela menaati itu semua demi kesehatannya, dan menang melawan kanker di tubuhnya. 

"Sudah mulai, enggak makan daging dulu, banyak pantangannya. Harus minum jus terus. Mau enggak mau harus diikutin," kata Nunung di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (2/2/2023).

"Olahraga juga ada, cuma belum dilakukan. Masih lemes," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jangan Stres

Tak hanya itu, dokter juga menyarankan Nunung tidak memikirkan hal yang berat, hingga menimbulkan stres. Sebab, hal itu yang membuat sel-sel kanker menyebar dengan cepat.

"Dokter minta aku tidak stres. Karena lawannya itu stres. Kalau semakin aku stres dan panik, masa kanker cepat menyebarnya," kata Nunung.

3 dari 4 halaman

Teringat Kakak

Nunung pun teringat pada sang kakak, yang juga sempat mengidap kanker. Dalam sepekan, kata Nunung, kanker yang bersarang di tubuh kakaknya berkembang pesat lantaran merasa stres.

"Dulu kakakku itu baru stadium satu udah stres banget. Satu minggu naik stadium 2. Jadi kata dokter diminta aktivitas aja selama masih mampu. Nunggu setelah biopsi, baru deh ada batasannya," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Tunggu Hasil Biopsi

Saat ini Nunung tidak menjalani terapi, karena masih menunggu hasil biopsi yang akan keluar di akhir pekan. Apa pun saran yang diberikan dokter, ia siap mengikuti demi kebaikannya.

"Lihat nanti aja, biopsinya gimana. Aku sudah siap yang terbaik gitu. Dokter pasti kasih tahu langkahnya apa aja. Kalau arah ke kanker, ya terapi engga. Kalau memang harus operasi ya mau enggak mau," tandas Nunung Srimulat. (M. Altaf Jauhar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.