Sukses

Miss International 2017 Kevin Liliana Jadi Juri Ajang Perjodohan Komunitas Sosial di Matchmaking Social Organization #ForABetterWorld

Miss International 2017 Kevin Liliana menjadi juri dalam program Matchmaking Social Organization 2023 #ForABetterWorld yang diselenggarakan oleh Campaign.com

Liputan6.com, Jakarta - Miss International 2017 Kevin Liliana menjadi juri dalam program Matchmaking Social Organization 2023 #ForABetterWorld yang diselenggarakan oleh Campaign.com pada Kamis (26/01/2023) lalu.

Program ini merupakan ajang perjodohan komunitas atau organisasi untuk membuat kampanye sosial di aplikasi Campaign #ForChange.

Nantinya, program ini menjaring komunitas untuk mendapatkan pendanaan total 25 juta rupiah dari sponsor guna mengorganisir kampanye sosial.

Untuk mendapatkan komunitas yang mumpuni, Kevin Liliana dipilih menjadi salah satu juri untuk menentukan komunitas mana yang layak dipilih.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perhatian Terhadap Isu Sosial

Kevin sendiri memiliki perhatian khusus pada isu sosial, khususnya bidang lingkungan. Mengingat dirinya berperan aktif dalam melestarikan lingkungan saat menjabat sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2017.

Sebagai juri, Kevin mengaku takjub terhadap ide-ide anak muda yang bertekad merealisasikan kampanye berdasarkan fokus isu mereka masing-masing, mulai dari kesetaraan, lingkungan, kesehatan, dan pendidikan.

 

 

3 dari 4 halaman

Kontribusi Positif

Kampanye kreatif dari sembilan komunitas yang beradu membuka mata bahwa siapa saja dapat melakukan kampanye sosial. Menurut Kevin, kompetisi seperti ini membuat lebih banyak orang bersemangat untuk bergabung dalam komunitas sosial dan merealisasikan kegiatan sosial mereka.

“Buat aku, menjadi juri membuka mataku lebar-lebar, bahwa melakukan sesuatu untuk masyarakat dan bergerak untuk kontribusi positif, nggak perlu jadi siapa-siapa dulu, influencer, dan lain-lain. Siapa pun kamu, bisa berkontribusi positif untuk masyarakat,” ujar Kevin.

 

4 dari 4 halaman

4 Komunitas Terpilih

Proses penjurian dilakukan secara ketat dengan mempertimbangkan berbagai aspek, yakni perencanaan, dampak sosial, dan efektivitas kampanye bagi masyarakat. Dari segi perencanaan, komunitas harus menjabarkan latar belakang dan ide kampanye yang kreatif.

Selain itu, komunitas juga perlu meyakinkan juri bahwa kampanye yang akan dibuat dapat berdampak baik dan berkelanjutan. Dari hasil penilaian, ada empat komunitas yang terpilih, yakni Hoshizora Foundation, Futurest 2023, Pemuda Tanggap Berbagi, dan Serdadu Kumbang.

Lisa Andriani selaku Public Relations Hoshizora Foundation, mengaku senang karena dapat merealisasikan kampanye impian mereka. “Kami akan mengangkat kampanye #JikaAkuSekolah untuk anak-anak dari keluarga prasejahtera agar bisa memperoleh pendidikan yang layak. Harapannya, pesan ini menjadi pemicu anak-anak lebih bersemangat untuk sekolah,” kata Lisa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.