Sukses

Qodir Band Merilis Lagu HEY yang Menyuarakan Jeritan Hati Anak Broken Home, Kisah Pribadi Dul Jaelani?

Qodir Band mengangkat isu yang banyak dialami masyarakat ke dalam sebuah lagu.

Liputan6.com, Jakarta Qodir Band saat ini tengah kreatif-kreatifnya dalam menciptakan lagu. Kali ini band yang digawangi oleh Dul Jaelani itu merilis lagu dengan judul singkat namun penuh arti dengan lirik yang dalam. Judul lagu itu HEY

Lagu tersebut liriknya ditulis oleh Dul Jaelani, sedangkan musiknya digarap beramai-ramai. Dul Jaelani bagai memotret kondisi orang yang sedang broken home dan menuangkannya dalam lirik lagu. 

"Lagu ini menangkap fenomena jeritan hati seorang anak yang sebenarnya tak mampu dijelaskan oleh kata-kata. Seperti kecemasan mental, sosial, masa depan, dan keluarga. Saya yakin banyak yang mengalami hal seperti itu. Kami harap yang mendengarkan lagu ini bisa terobati luka jiwanya," ujar Dul Jaelani dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

"Seperti  ada buku yang berjudul “Si kecil yang terluka dalam tubuh dewasa” yang mengatakan “Yang perlu dilakukan adalah kita menyadari dan menerima masa lalu kita yang penuh luka, bukan melakukan sesuatu sebagai wujud balas dendam saja," tambah Dul Jaelani lantang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sepakat

Dul dan teman-teman Qodir Band sepakat mengangkat isu ini setelah melihat banyak contoh kasus yang terjadi di sekeliling  lingkup pertemanan mereka. Dan, Dul Jaelani cukup cerdik menangkap fenomena ini dan membuat liriknya yang bermakna dalam.

"Justru itu, kita hobby menangkap fenomena yang banyak dialami orang namun belum pernah disuarakan, lalu jadi tema. Soal materi lagu saya jarang diskusi sih. Banyak yang lebih penting didiskusikan daripada fantasi pribadi. Saya lebih banyak konsultasi kepada orang tua tentang bagaimana menjadi seseorang yang tekun seperti tidak setengah-setengah ketika memutuskan terjun menekuni suatu profesi. Contoh, Ayah saya bangun tidur pagi-pagi langsung buat musik di komputer hampir setiap hari. Habis itu, Ayah lanjut baca buku," ujar Dul Jaelani.

"Bunda saya setiap hari sama rekan-rekan kerjanya selalu berkata “yuk kita buat apa hari ini. Tapi mereka hanya titip pesan buat lirik harus jelas kemana arahnya, jangan mencla-mencle," tambah Dul Jaelani lantas tertawa.

 

3 dari 4 halaman

Menimba Ilmu

Anak bungsu dari pasangan musisi genius Ahmad Dhani dan Maia Estianty ini memang banyak menimba ilmu musik dari kedua orangtuanya secara tak langsung.

Proses pengerjaan lagu HEY ini menjalan cukup panjang. Banyak pertimbangan dan bongkar pasang sound dan aransemen sebelum bener-bener jadi dan masuk studio rekaman.

"Untuk proses pembuatan aransemen  lagu HEY, kira-kira memakan waktu  enam bulan. Kita  sempet pusing soal aransemen. Kita ingin bikin musik alternative rock/grunge tapi juga mengandung kesyahduan. Maka dari itu sempat rubah-rubah aransemen dan akhirnya memutuskan memasukan unsur biola dan choir. Biar makin sedih  dan dapat feel syahdunya," ujar Muhammad Xavier, gitaris Qodir Band.

"Ya, tujuan kita merilis lagu HEY ini agar kita bersama-sama bisa berdamai dengan kehidupan masa lalu yang memang umumnya penuh luka. Kita berharap setelah membawakan lagu ini  di panggung atau orang mendengarkan lagu ini bisa lebih berdamai dengan realita kehidupan. Selain menghibur, tujuan kami bermusik adalah untuk berdamai dengan diri  sendiri dan keadaan yang kita alami," ujar Deriel mantap.

 

4 dari 4 halaman

Setia

Dan, Qodir yang mengusung genre music rock alternatif ini memang sepakat untuk setia di jalur musik ini. Hal ini seperti dikatakan Axel, personil QODIR ini.

"Seperti kata motto hidup “finish what you started”, kita memang sedang menyelesaikan perjuangan menyebarkan musik rock yang agak pudar dalam skema industri musik komersial di era jaman sekarang. Saya yakin nanti ada masanya rock akan kembali ke skena komersial masa kini. Dengan begitu kita berpartisipasi juga. Karena banyak band rock anak muda jaman now yang keren juga. Dan mereka juga tentu butuh wadah dan bisa diterima di kalangan anak muda sekarang. Walau kadang capek juga sih melawan arus, tapi ya harus kuat-kuatin dan selalu mengingat motto di atas tadi," ujar Axel yang mengharapkan genre music Qodir bisa diterima anak-anak jaman sekarang.

Lagu HEY adalah single ke-3 dari album Seribu Bulan, setelah lagu Sakit Cinta dan Mungkin Nanti. Dan kabar gembiranya lagu Hey sudah bisa dinikmati di semua digital streaming platform yang ada di tanah air. Pesan Qodir semoga lagu HEY bisa mengobati luka jiwa seseorang yang mendengarkannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.