Sukses

Profil DPR Ian yang Baru Gelar Konser di Jakarta, Dulunya Idol K-Pop

DPR Ian pernah bergabung dalam grup K-Pop C-Clown, yang debutnya seangkatan dengan BTOB dan EXO.

Liputan6.com, Jakarta DPR Ian dkk baru saja memanaskan Tennis Indor Senayan, Jakarta, dalam sebuah konser bertajuk “The Regime World Tour” pada Selasa (6/12/2022) kemarin. Ia mengajak penonton berjingkrak bersama dalam sejumlah lagu seperti “Miss Understood,” “So Beautiful,” “Mood,” “ Scaredy Cat,” dan lainnya.

Usai konser, rasa penasaran publik terhadap DPR Ian tampaknya masih membuncah. Buktinya, ia langsung masuk dalam daftar trending pencarian di Google untuk wilayah Indonesia.

Anda termasuk yang penasaran? Simak profil DPR Ian berikut ini.

Sebelum dikenal dengan nama DPR Ian, pria bernama asli Christian Yu ini sempat menjadi seorang idol K-Pop. Grupnya C-Clown, debut pada 2012, satu angkatan dengan BTOB dan EXO.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Idol K-Pop

Dalam sebuah wawancara dengan Teen Vogue pada 2021 lalu, DPR Ian sempat bercerita tentang masa kecilnya di Australia. Ia dibesarkan oleh ibunya setelah orangtuanya bercerai, dan sempat membentuk band heavy metal di Negeri Kangguru.

Sejak remaja, ia jatuh cinta pada musik dan performance. Pada masa ABG ini pula ia kerap mengunggah video tariannya di YouTube. Bersamaan dengan Hallyu Wave yang mulai booming—DPR Ian pindah ke Korea Selatan pada usia 18.

Ia bergabung dengan C-Clown dan dikenal sebagai Rome,yang berasal dari nama Korea-nya, Yu Ba Rom. DPR Ian bahkan memegang posisi sebagai leader.

3 dari 4 halaman

C-Clown Bubar

Hanya saja, pada 2015 C-Clown bubar. Dalam wawancara Teen Vogue, DPR Ian menerangkan bahwa salah satu faktor ia "mengikhlaskan" kariernya di C-Clown ada kaitannya dengan tekanan “kontrak budak” alias slave contract yang dialaminya.

“Sayangnya aku sempat mengalami pengalaman seperti ini. Apa yang kulalui, cukup traumatis,” kata DPR Ian, yang semasa remaja pernah didiagnosis menderita gangguan bipolar.

4 dari 4 halaman

Babak Baru bersama DPR

Meski begitu, hal ini menjadi awal baru dalam kariernya. Ia membentuk DPR, atau Dream Perfect Regime. Tak sendirian, dalam grup lintas genre musik dan video ini, ada sosok lain sepert DPR REM, DPR Live, dan lainnya.

Dari sini, ia mulai merintis kesuksesan dan popularitas di luar jagat K-Pop, bahkan secara global.

Album terbarunya, Moodswings in to Order, rilis pada Juli 2022 lalu, dan mendapat pujian kritikus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.