Sukses

Erina Gudono Gelar Prosesi Midodareni di Yogyakarta, Hanya Undang 150 Tamu dan Wajib Scan Barcode

Liputan6.com, Jakarta Keluarga Erina Gudono bersiap menggelar sejumlah upacara adat jelang akad nikah yang digelar di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022). Salah satunya, tradisi midodareni.

Kediaman calon istri Kaesang Pangarep telah dipasangi tenda dengan luas sekitar 15 kali 15 meter. Mereka akan mengundang sejumlah tamu untuk mengikuti sejumlah tradisi adat.

“Kalau untuk acara besok, ini adalah kediaman utama yang akan digunakan sebagai acara adat dan acara pokok,” perwakilan wedding organizer Kaesang-Erina, Dani Wigung, membocorkan acara adat midodareni.

Mengingat perluasan tenda sangat terbatas dan tak ingin mengganggu tetangga, maka jumlah tamu yang diundang pun tak banyak. Dani Wigung menyebut hanya sekitar 150 tamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tamu Terbatas

Midodareni ini bersifat eksklusif dan tidak sembarang orang bisa bergabung dalam tradisi tersebut. Sekitar 150 tamu yang hadir dibekali barcode alias kode batang yang mesti dipindai di lokasi.

“Perluasan area tambahannya hanya di sini saja, jadi tamu sangat terbatas dan semuanya menggunakan barcode. Dan hanya ini saja, di depan rumah ini saja, tidak ada perluasan yang lain,” urainya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Ukuran Tenda

“Ini saja. Ini kurang lebih berapa, 15 kali 15 meter. Tamu undangan tidak lebih dari 150 dan itu hanya keluarga dan kedua keluarga besar saat nanti di midodareni,” Dani Wigung menambahkan.

Melansir dari video wawancara di kanal YouTube Berita Surakarta, Kamis (1/12/2022), kebijakan ini ditempuh untuk menjaga keamanan dan kenyamanan baik keluarga mempelai, para tamu, serta lingkungan sekitar.

 

4 dari 4 halaman

Pakai Barcode

Dani Wigung berharap proses midodareni dan tatacara adat lain berjalan lancar. “Hanya (undang) 150 dan itu semuanya menggunakan barcode. Jadi tidak bisa nanti sembarangan masuk di area sini,” pungkasnya.

Setelah akad nikah di Kota Gudeg, Presiden Jokowi akan menggelar ngunduh mantu di Loji Gandrung Solo. Acara ini dijadwalkan Minggu (11/12/2022) dilanjutkan syukuran di Pura Mangkunegaran Solo.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS