Sukses

Ki Kusumo Kenang Mendiang Ki Joko Bodo: Orangnya Unik, Benar-Benar Seorang Seniman

Liputan6.com, Jakarta - Paranormal Ki Kusumo ikut kehilangan atas kepergian kompatriotnya, Ki Joko Bodo. Banyak kenangan tak terlupakan Ki Kusumo terhadap pria yang meninggal dunia karena penyakit darah tinggi tersebut.

"Saya kenal beliau sewaktu tahun 90-an. Sejak dulu berkawan dalam berbagai hal, kenalnya panjang ceritanya, nggak hanya sebentar," cerita Ki Kusumo saat dihubungi pewarta di Jakarta, Rabu (23/11/2022)

Ki Kusumo takkan pernah melupakan momen dirinya syuting bareng Ki Joko Bodo di sebuah program televisi. Dalam acara itu, mereka melakukan banyak hal yang makin mendekatkan keakraban satu sama lain.

"Kita berburu bareng ke hutan pernah. Terus pernah juga ngerjain yang berbau spritual bersama-sama," Ki Kusumo menguraikan.

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Unik

Di mata Ki Kusumo, mendiang Ki Joko Bodo merupakan sosok yang unik sekaligus menyenangkan. Ia bisa merasakan jiwa seni pemilik Istana Wong Sinting begitu besar.

"Dia orangnya unik, seniman. Kadang ngomong ceplas-ceplos. Apa yang dipikir, diomongin. Kawan-kawan sama-sama mengerti. Kadang orang awam nggak tahu, sebenarnya orangnya sering becanda dalam keseharian," kata Ki Kusumo.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Meninggal Dunia

Seperti diberitakan sebelumnya, Agus Yulianto atau yang lebih dikenal dengan nama Ki Joko Bodo meninggal dunia pada Selasa (22/11/2022) pagi. Kabar tersebut disampaikan oleh salah satu rekannya Ki Prana Lewu dan telah dikonfirmasi oleh sang anak.

Beberapa tahun lalu, dirinya sempat mengalami sakit hingga tak bisa berjalan. Tak lama, kondisinya diketahui membaik dan menggunakan alat bantu jalan.

 

4 dari 4 halaman

Dunia Supranatural

Pria yang lahir di Singaraja, Bali ini dikenal luas sebagai individu yang menggeluti dunia supranatural. Selama bertahun-tahun, tak sedikit masyarakat yang percaya pada kemampuan mendiang Ki Joko Bodo di dunia paranormal.

Mendiang Ki Joko Bodo pun sempat mengungkapkan bahwa dirinya telah meninggalkan dunia supranatural tersebut dan memutuskan untuk hijrah. Ia mengaku bahwa dulu dirinya sempat menentang ayat-ayat Tuhan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.