Sukses

Isu Lee Seung Gi Tak Digaji Selama 18 Tahun karena Jadi Korban Gaslighting Agensi, Disebut Penyanyi Minus

Inilah mengapa Lee Sung Gi bertahan dengan Hook Entertainment selama 18 tahun tanpa menerima gaji sebagai penyanyi.

Liputan6.com, Jakarta Lee Seung Gi dikabarkan tak pernah menerima gaji sebagai penyanyi selama 18 tahun berkarier. Itu lantaran artis berusia 35 tahun ini diduga menjadi korban gaslighting atau manipulasi pihak agensi, Hook Entertainment.

Di Korea Selatan, Lee Seung Gi dapat dikategorikan sebagai penyanyi solo top karena memiliki banyak hit. Sejak debut pada Juni 2004, dia telah merilis 27 album dan 137 lagu, tetapi tidak menerima hasil jerih payahnya.

Lee Seung Gi sudah terkenal sejak masa debutnya dan menikmati popularitas tak tertandingi di pasar musik melalui penjualan nada dering, ringback, dan BGM Cyworld yang populer pada masa itu.

Menurut Dispatch, pendapatan musik yang diperoleh Lee Seung Gi antara Oktober 2009 hingga September 2022 seharusnya berada di angka 9,6 miliar won (sekitar 7.069.000 dolar AS).

Jika dikalkulasi dari Juni 2004 hingga Agustus 2009 maka pendapatan Lee Seung Gi diprediksi lebih banyak lagi. Sayang, catatan keuangan di sekitar tahun tersebut sudah tak ditemukan.

Publik lantas bertanya-tanya, bagaimana bisa Lee Seung Gi bertahan selama belasan tahun tanpa menerima pembayaran dari karier bermusiknya? Seperti disampaikan di atas, jawabannya adalah karena ada dugaan gaslighting.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Disukusi soal Keuntungan

Kembali ke 2021, Dispatch membagikan percakapan Lee Seung Gi dengan tim bisnis Hook Entertainment. Pihaknya memberi tahu Lee Seung Gi tentang pendapatan proyek The Ordinary Man dan The Project, yang dirilis pada akhir 2020.

Keuntungan yang diterima Hook Entertainment adalah 33.607.580 won (24.800 dolar AS). Lee Seung Gi lalu memberi tanggapan.

"Hyung, saya pasti menghasilkan uang dari sumber musik juga. Bahkan setelah mengurangi 200 juta dari MG, (Hook) menerima 33 juta won," kata bintang serial Vagabond tersebut.

"Apa yang kamu katakan? Berapa nominal hak cipta yang saya dapatkan. Kamu mendapat banyak uang, man. Apa kamu tidak pernah menerima pembayaran?" seniornya menanggapi.

3 dari 4 halaman

Penyanyi Minus

Di sinilah permasalahannya terkuak. Lee Seung Gi selama ini disebut sebagai penyanyi minus oleh pihak agensinya, alias penyanyi yang tidak bisa memberi keuntungan.

"Saya belum menerimanya. Saya dengar saya adalah 'penyanyi minus'," kata Lee Seung Gi.

"Apa ketentuan kontrakmu dengan Hook? Kamu bahkan belum menerima satu sen pun?" tanya seniornya.

4 dari 4 halaman

Gaslighting

Dikutip dari Allkpop, saat makan malam bersama Seung Gi dan ibunya pada Juni 2021, seorang karyawan perusahaan berbincang pada kekasih Lee Da In ini yang diduga mengarah pada tindakan gaslighting.

"Seung Gi, aku tidak ingin mengatakan hal seperti ini kepada penyanyi di perusahaan kami, tapi... kamu adalah penyanyi minus. Bagaimana kami bisa membayarmu?" kata orang tersebut.

"Apakah kamu tahu berapa biaya untuk mempromosikan album? Memberikan hadiah kepada wartawan, membeli barang ..." Kalimat ini disampaikan dalam sebuah rapat.

Terkait kabar ini, CEO Hook Entertainment, Kwon Jin Young, akhirnya memberi pernyataan. "Terlepas dari apakah itu benar, saya sangat malu. Semuanya karena kelalaian dan kurangnya kebijaksanaan saya, jadi saya merasa malu dan menyesal," ungkapnya dikutip dari Soompi, Selasa (22/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.