Sukses

Perangi Social Engineering, BRI Rilis Web Series Modus Operandi

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus melakukan sosialisasi dan edukasi pencegahan social engineering melalui berbagai saluran. Salah satunya melalui konten hiburan web series.

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus melakukan sosialisasi dan edukasi pencegahan social engineering melalui berbagai saluran. Salah satunya melalui konten hiburan web series.

BRI merilis konten web series yang menghibur sekaligus mengedukasi berjudul “Modus Operandi”. Web series ini sudah tayang sejak 4 November 2022 di Youtube Channel BRI. Kehadiran web series ini menjadi bukti keseriusan BRI memerangi social engineering.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengungkapkan edukasi yang dikemas melalui konten hiburan ini diharapkan bisa meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap praktik social engineering.

“Web series ini wujud semangat bagi kami untuk terus memberikan komunikasi yang terbaik dalam memberikan edukasi serta literasi kepada masyarakat luas,” katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Para Pemain Modus Operandi

Seperti diketahui, Social engineering merupakan tindak kejahatan yang memanipulasi psikologis korban untuk membocorkan data pribadi dan data transaksi perbankan korban. Media yang digunakan pelaku untuk mendekati korban pun beragam, mulai dari telepon, SMS, e-mail, media sosial, dan lainnya.

Web series Modus Operandi menampilkan sederet nama aktor muda berbakat Indonesia. Antara lain Meerqeen, Yusuf Mahardika, Kristo Immanuel, Diandra Agatha, Maudy Effrosina. Bertindak sebagai sutradara adalah peraih Piala Citra, Makbul Mabarak.

3 dari 4 halaman

Sinopsis Modus Operandi

Modus Operandi menceritakan kisah tiga orang jurnalis yang sedang terdesak dalam karir dan asmara mereka, menyamar sebagai tukang nasi goreng untuk membongkar gembong kejahatan perbankan. Dalam aksinya, tanpa sengaja mereka bertemu dan bekerjasama dengan seorang pekerja BRI yang juga sedang menyamar untuk mengungkap kasus yang sama.

Dalam kesempatan yang sama, Meerqeen mengungkapkan dirinya turut senang bisa berpartisipasi dalam upaya memerangi kejahatan social engineering dengan berperan di web series ini. Aktor muda tersebut juga mengapresiasi langkah BRI yang terus proaktif menjawab keresahan masyarakat mengenai social engineering melalui konten edukasi, salah satunya web series Modus Operandi.

“Tentunya bangga bisa terlibat di web series ini dan semoga apa yang kita tampilkan punya manfaat besar bagi masyarakat agar memahami tentang apa itu social engineering dan agar masyarakat dapat lebih berhati-hati dalam menjaga kerahasiaan data pribadi,” ucapnya.

4 dari 4 halaman

Hadir Dalam 5 Episode

Web series ‘Modus Operandi’ memiliki total 5 episode dengan durasi masing-masing episode 15-20 menit. Kisah petualangan yang dibalut dengan nuansa aksi, komedi, dan asmara ini siap menghibur dan mengedukasi masyarakat setiap hari Jumat mulai 4 November 2022 melalui Youtube Channel BRI.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini