Sukses

Aldiv Luncurkan Single Ke-3 Berjudul Menanti, Kisah tentang LDR Karya Icha Eks Jikustik

Single Menanti menjadi penanda Aldiv sebagai penyanyi solois pria yang konsisten berkarya.

Liputan6.com, Jakarta Setelah sukses dengan single pertama dan kedua serta tiga single religi sekaligus sepanjang tahun 2020 dan 2021, penyanyi muda berbakat, Aldiv yang akrab disapa Al, melanjutkan kiprah di bidang tarik suara dengan merilis lagu ke-3 berjudul “Menanti” karya Icha eks Jikustik.

Lagu yang diproduksi dan dirilis di bawah naungan Dumeca Records pada tahun 2022 ini, menjadi penanda Aldiv sebagai penyanyi solois pria yang konsisten berkarya setelah ia sempat menjadi juara pertama di Bigo Live tahun 2019 lalu.

Di lain kesempatan, pendiri Dumeca Group, Ferry Ardiansyah yang kebetulan satu organisasi dengan Icha eks Jikustik, dalam suatu pertemuan sempat menanyakan Icha ex-Jikustik tentang progress dari penyanyi perdana Dumeca Records, yang tak lain adalah Aldiv.

Single ALDIV sebelumnya banyak disukai oleh para pendengar di Kalimantan Timur. Pada saat itu pula Icha eks Jikustik mengatakan bahwa ia sebenarnya memiliki lagu yang berhubungan dengan lagu-lagu Aldiv dengan konsep bersambung dari karya sebelumnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Di Balik Proses Rekaman

Ferry Ardiansyah yang juga sebagai Eksekutif Produser Dumeca Records, mengatakan bahwa saat itu ia sudah menyiapkan karya lagu untuk single ketiga Aldiv yang proses rekamannya sudah selesai diciptakan oleh Krisna Balagita. Namun di dalam sebuah rapat internal, Dumeca Records menemukan formula lain.

Lagu ciptaan Icha ex-Jikustik ini sepertinya tepat dijadikan “jembatan” untuk menuju lagu ciptaan dari Krisna Balagita yang konon kabarnya tak lama-lama akan juga dirilis. Lalu Dumeca Records kembali meminta “Icha ex-Jikustik” untuk mengirimkan sampel lagu ciptaannya tersebut yang bertema tentang Long Distance Relationship (LDR).

"Setelah didengarkan, ternyata lagu ciptaan Icha eks Jikustik sangat tepat dihadirkan terlebih dahulu dan dijadikan single ke-3 dari Aldiv," ujar Ferry Ardiansyah yang juga sutradara dan produser dari musik video lagu “Menanti” di bawah bendera Dumeca Pictures.

 

3 dari 6 halaman

Tema yang Cocok dengan Aldiv

Menurut Icha eks Jikustik, lagu yang berjudul "Menanti" ini cocok dengan karakter suara Aldiv. Apalagi, lagu ini juga sangat berhubungan dengan single pertama dan kedua Aldiv.

Icha (panggilan dari nama lengkap Aji Mohammad Mirza Ferdinand Hakim), mengatakan bahwa single yang berjudul “Menanti” ini menceritakan tentang pasangan yang harus terpisahkan oleh jarak karena salah satunya berada di tempat yang jauh, yaitu di luar negeri.

"Mereka saling merindu dan berharap bisa segera ketemu. Ya... LDR-lah istilah kerennya. Yang mana lagu ini memang nampaknya cocok sekali dengan karakteristik dari warna vocal Aldiv. Sedangkan untuk proses dari aransemen sampai selesai musik sekitar dua mingguan, tapi kalau take vokal cuma perlu kurang dari satu hari," ucap Icha menjelaskan.

 

4 dari 6 halaman

Pengalaman Tak Terlupakan

Aldiv juga mengatakan bahwa proses pembuatan lagu “Menanti” ini menjadi salah satu pengalaman yang tak terlupakan. Pasalnya, lagu ini diciptakan langsung oleh Icha eks Jikustik yang kita sudah tahu karyanya hingga sekarang masih dinikmati oleh masyarakat luas.

"Sampai saat ini, saya masih belum percaya bisa diberikan kepercayaan untuk membawakan lagu beliau. Mengingat dulu saya hanya bisa mendengar atau menyanyikan lagu Mas Icha, lalu sekarang saya mendapatkan kehormatan untuk bisa membawakan karya beliau untuk saya nyanyikan," ungkap Aldiv.

"Selain itu, dalam proses rekaman, beliau juga terjun langsung menjadi Vocal Director. Saya dipandu langsung dalam menyanyikan lagu ini, sampai saya benar-benar bisa menyanyikan dan menyampaikan pesan dalam wujud lagu tersebut. Beliau merupakan sosok coach yang luar biasa. Berkat arahan dan ilmu yang diberikan, saya berhasil mengisi nyawa pada lagu ini. Dan enggak nyangka mas Icha pun senang dengan hasilnya," sambungnya.

"Proses rekamannya berlangsung dengan cepat. Beliau terbang dari Samarinda ke Jakarta. Sore kita bertemu di studio rekaman, malam itu pun kita langsung rekaman. Karena sebelumnya juga saya sudah mempelajari lagu “Menanti” ini, proses rekaman dilangsungkan sangat cepat dengan hasil yang Alhamdulillah memuaskan," ujar Aldiv menambahkan.

 

5 dari 6 halaman

Kesulitan Selama Produksi

Bila bicara tentang kendala atau kesulitan, masalah yang melanda adalah tempat rekaman yang berbeda-beda karena tak satu kota. Sehingga proses penyelesaiannya perlu waktu lebih lama. Hal itulah yang disampaikan Icha eks Jikustik.

"Kok lagunya bisa cocok buat Aldiv? Ya, selain dia sangat talented, secara enggak sengaja sih dan memang sebenarnya kalau saya sudah punya lagu ini dari jauh-jauh hari dan ini jauh dari kata 'pesanan'," ujar bassist sekaligus penyanyi yang berdomisli di Samarinda itu.

Icha eks Jikustik menegaskan bahwa ia ingin ada penyanyi yang tepat untuk membawakan karyanya ini dan juga harus sejalan dengan konsep serta strateginyanya.

"Alhamdulilah dari pihak label juga punya agenda atau rencana lagu yang akan dibawakan untuk single selanjutnya, ternyata temanya sangat sejalan dengan agenda atau rencana label ke depan," sambungnya.

"Ini benar-benar rezeki yang tak terduga akhirnya lagu ciptaan saya ini menemukan juga penyanyinya sendiri, dan inilah yang di namakan seleksi alam dan takdir yang telah Allah SWT tetapkan," ujar Icha eks Jikustik saat dihubungi via telepon oleh tim publikasi dari Dumeca Records.

"Dan grogi sih. Kendala paling utama saat pertama kali take di depan beliau secara langsung. Namun, berkat motivasi dan sifat humble-nya, take kedua saya mulai lancar dan fokus menyanyikannya. Setelah dirasa bagus, akhirnya beliau sendiri yang mengisi backing vocal pada lagu 'Menanti' ini," ujar Aldiv.

Icha pun berpesan, “Ya, semoga pendengar suka dengan single ini dan selalu support musik Indonesia, serta industri musik segera pulih 100 persen sehingga para musisi bisa total berkarya kembali.”

 

6 dari 6 halaman

Peluncuran Single

Acara peluncuran single ketiga dari Aldiv berjudul “Menanti“ ini, dikemas sangat menarik dengan hadirnya beberapa talenta dari Dumeca Records. Turut hadir Nadila x JKT48 yang di dalam kesempatan itu Nadila juga berduet dengan Aldiv. Serta tentunya dari Dumeca Records juga menghadirkan Tasha Bouslama dan Fiko Nainggolan.

"Yang ingin saya sampaikan kepada pendengar lagu 'Menanti' ini, terutama untuk kalian yang saat ini sedang menjalankan hubungan jarak jauh, percayalah akan kekuatan cinta. Selama kita berada di Bumi yang sama, disinari matahari yang sama, dan menatap langit yang sama, yakinlah bahwa cinta akan mempertemukannya," ujar Aldiv yang berasal dari kota Pacitan, Jawa Timur yang berjuluk Kota Seribu Gua itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.