Sukses

7 Potret Ameena Putri Aurel dan Atta Halilintar Mengikuti Upacara 7 Bulanan Tedak Siten

Liputan6.com, Jakarta Pasangan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah menggelar prosesi upacara adat 7 bulanan Tedak Siten untuk putri mereka, Ameena Hanna Nur Atta pada Minggu (25/9/2022). 

Dalam acara yang disiarkan oleh Indosiar ini, Ameena didampingi Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah terlihat menjalani sejumlah rangkaian upacara Tedak Siten.

Lucunya, Ameena Hanna Nur Atta tampak kalem dan tenang selama mengikut jalannya upacara. Salah satu prosesi Tedak Siten yang menyita perhatian adalah ketika Ameena mengambil mainan dalam kurungan ayam.

Bahkan, putri pertama Aurel dan Atta ini sempat memberikan makanan untuk seekor ayam. Lantas seperti apakah momen ketika Ameena menjalani Tedak Siten? Berikut deretan potretnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 8 halaman

1. Menginjak Jadah

Momen pertama yang dilakukan Ameena selama prosesi ini adalah menginjak jadah, sejenis makanan yang terbuat dari beras ketan. Namun, jadah ini dibuat khusus untuk diinjak.

Ada tujuh warna jadah yang diinjak oleh Ameena, yang menurut pemandu acara memiliki makna berbeda-beda.

3 dari 8 halaman

2. Injakan yang Keras

Ameena terlihat menginjak jadah dengan sangat keras. Bahkan sampai injakan terakhir pun ia berhasil membuat jejak di atas jadah.

Atta dan Aurel pun dengan sangat hati-hati mengawasi dan membantu Ameena saat menginjakkan kakinya.

4 dari 8 halaman

3. Panjat Tangga Tebu

Setelah menginjakkan kaki di atas jadah, Ameena langsung digiring menuju rakitan tebu yang dibuat menjadi tangga.

Tentu saja Ameena lagi-lagi didampingi oleh kedua orangtuanya.

5 dari 8 halaman

4. Turun Tangga

Sambil digendong oleh Atta, Ameena terlihat sukses menaiki tangga tebu. Namun begitu, Ameena tak bisa dibiarkan turun begitu saja setelah sampai di atas.

Aurel dan Atta pun harus menurunkan Ameena bak sedang menginjakkan kaki di atas tangga dari tebu itu.

6 dari 8 halaman

5. Kurungan

Setelah dijeda dengan penampilan Krisdayanti menyanyikan lagu "Timang-Timang" yang liriknya diubah menjadi 'Ameena sayang', Ameena pun menjalani proses selanjutnya.

Kali ini adalah sesi paling meriah dan paling dinantikan, yaitu mengambil mainan di dalam kurungan. Menurut adat, tiga mainan yang diambil Ameena mencerminkan profesinya di masa depan. Kamera, alat makeup dan uang pun diraih Ameena.

7 dari 8 halaman

6. Siraman

Setelah masuk ke dalam kurungan, Ameena harus menjalani upacara siraman. Satu buah bak berisi air dan handuk pun sudah disiapkan.

Meskipun alat-alat mandinya cukup lengkap, Ameena hanya menjalani prosesi ini secara simbolik, yakni sekadar dibasahi wajah dan beberapa tubuhnya tanpa harus membuka pakaian.

8 dari 8 halaman

7. Beri Makan Ayam

Setelah itu Anang Hermansyah melakukan estafet tebu kepada Atta, disusul saweran uang yang dilakukan Aurel. Prosesi terakhir yang harus dijalani dengan melibatkan Ameena pun dilaksanakan.

Prosesi tersebut adalah memberi makan ayam. Terlihat pada momen ini Ameena yang kakinya sempat digigit kelinci tak takut ketika ada seekor ayam di dekatnya untuk diberikan makanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.