Sukses

Keluarga Cemara The Series Dibuat Mengikuti Konsep MCU

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga Cemara adalah sebuah cerita yang pada awalnya hadir dalam bentuk sinetron, dan kemudian pada 2019 diadaptasi menjadi sebuah film. Karena kesuksesannya, sekuelnya kemudian dibuat dan dirilis pada Juni tahun ini.

Namun bukannya dilanjut pada film Keluarga Cemara 3, cerita Abah (Ringgo Agus Rahman) dan Emak (Nirina Zubir) beserta keluarganya ini malah diangkat menjadi sebuah serial berjudul Keluarga Cemara The Series. Ceritanya sendiri lebih berfokus pada sang anak, Euis (Adhisty Zara), dan teman-temannya.

Tentu banyak yang berpikir karena filmnya tidak sukses. Anggia Kharisma, produser, mengaku bahwa serial ini sebenarnya adalah cara untuk membuat berbagai cerita mengenai Keluarga Cemara dapat dikembangkan, seperti konsep MCU atau DCEU.

“Kenapa jadi series? Ini bentuk daripada extended universe,” ucapnya di Junket Press Keluarga Cemara The Series yang diselenggarakan pada Jumat (23/9/2022), sehari sebelum perilisan episode perdananya pada 24 September di Disney+ Hotstar.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Bisa Jadi Podcast

Sang produser menjelaskan bahwa serial ini adalah cara membuat Keluarga Cemara menjadi kokoh dan dalam menarik perhatian banyak orang. “Ketika IP (intellectual property) itu menjadi sesuatu yang sustainable, maka begitu kita mengekspansi IP-nya, ruang kita untuk men-develop cerita itu tentu ada banyak sekali.”

Ditambahkan Anggia, mungkin Keluarga Cemara nanti hadir dalam format lain. "Kenapa juga nanti kita tidak membuat broadway show-nya misalkan.”

Tidak hanya broadway show saja, tapi juga cerita Keluarga Cemara juga bisa dalam format buku audio atau podcast.

3 dari 4 halaman

Tontonan Keluarga Indonesia

Alasan kedua adalah karena minimnya tayangan khusus untuk keluarga di Indonesia. “Saya merasa tontonan untuk keluarga Indonesia itu sangat kurang. Berdasarkan sebuah riset yang pernah saya baca waktu itu, hanya (ada) 0.7 persen tontonan (yang pantas) untuk ditonton anak-anak dan keluarganya.”

Dia berharap dengan hadirnya serial ini, keluarga di Indonesia dapat saling membangun pengertian. “Hadirnya sebuah series Keluarga Cemara ini menjadi tontonan yang maksudnya bukan hanya memiliki ruang diskusi, tapi juga punya kesadaran bagaimana kita bertumbuh.”

4 dari 4 halaman

Sinopsis Keluarga Cemara The Series

Keluarga Cemara The Series bercerita mengenai Euis dan empat temannya, yang lebih dikenal sebagai Geng Kampung. Saat ini mereka berada di bangku SMA dan sedang akan mengikuti lomba Cerdas Cermat tingkat Nasional. Tentunya dalam mengikuti lomba itu mereka dihadang berbagai masalah.

Walau berfokus pada Euis dan teman-temannya, serial ini akan didukung para pemeran lain dari filmnya. Keluarga Cemara The Series dirilis melalui layanan streaming Disney+ Hotstar. Nantinya serial ini akan memiliki 8 episode, dan rilis setiap Sabtu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.