Sukses

Bersama Top Gun: Maverick, Jurrasic World Dominion menjadi Film Kedua yang Berhasil Menembus US$1 Miliar Dolar

Liputan6.com, Jakarta Trilogi Jurassic World sukses menyihir para penonton di seluruh dunia. Dengan berbagai animasi dinosaurusnya yang tampak sangat nyata, ketiga film di trilogi ini menjadi favorit banyak orang dan kerap ditunggu. Mereka ingin melihat aksi hewan-hewan prasejarah tersebut.

Terbaru adalah film ketiganya, Jurassic World Dominion. Dilansir dari Collider, film yang disutradarai oleh Colin Treverrow ini berhasil menembus US$1 miliar dolar. Dengan begini, ketiga film di trilogi ini berhasil mendapatkan minimal US$1 miliar dolar.

Sebelumnya Colin Treverrow menggarap film pertamanya, yakni Jurassic World pada 2015 silam dan berhasil mengumpulkan sekitar US$1.6 miliar dolar. Filmnya bahkan sempat berada di posisi ketiga dalam daftar film terlaris sepanjang masa.

Lalu sekuelnya yang dirilis pada 2018, Jurassic World: Fallen Kingdom, berhasil mengumpulkan sekitar US$1.3 miliar dolar. Film kedua ini digarap oleh J. A. Bayona yang terkenal setelah menyutradarai The Impossible (2012) dan A Monster Calls (2016).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Kekuatan Nostalgia

Perlu diketahui bahwa Jurassic World Dominion sebetulnya tidak terlalu mendapatkan respons yang hangat. Di IMDb bahkan hanya mendapatkan skor 5.7/10 dan di Rotten Tomatoes mendapatkan skor kritik 29%.

Bisa dibilang bahwa kesuksesan komersial Jurassic World Dominion selain karena faktor animasi dinosaurusnya yang terlihat sangat nyata, juga karena efek nostalgia yang dimunculkan di hadapan para penggemar lama.

Seperti yang kita tahu, selain dibintangi Chris Pratt dan Bryce Dallas Howard, film ini juga mengundang para pemeran lama dari seri film Jurassic Park. Mereka adalah Sam Neil, Laura Dern, dan Jeff Goldblum.

3 dari 4 halaman

Bersama Top Gun: Maverick

Kesuksesan Jurassic World Dominion ini membuatnya menjadi film kedua di tahun 2022 yang berhasil menyentuh angka pendapatan US$ miliar dolar. Film pertama yang berhasil melakukannya adalah Top Gun: Maverick.

Sampai berita ini ditulis (24/9/2022), Top Gun: Maverick berhasil mengumpulkan sekitar US$1.45 miliar dolar. Film yang dibintangi oleh Tom Cruise ini memang secara mengejutkan mendapatkan respon yang sangat luar biasa dari para penonton di seluruh dunia.

4 dari 4 halaman

2022 Highest Grossing Movie

Selain dua film di atas, film-film 2022 lainnya sampai saat ini masih belum pecah telur angka US$1 miliar dolar iu. Terdekat adalah Doctor Strange in the Multiverse of Madness garapan Sam Raimi dengan angka pendapatan sekitar US$955 juta dolar.

Film animasi Minions: The Rise of Gru juga mengikuti di belakang. Sejauh ini, film anak-anak dengan tokoh karakter lucu berwarna kuning itu baru menyentuh angka pendapatan sekitar US$914 juta dolar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.