Sukses

Raja Charles III Bangga Wariskan Gelar ke Pangeran William, Sanjung Kate Middleton Sang Princess of Wales yang Baru

Raja Charles III mengangkat Pangeran William sebagai Prince of Wales.

Liputan6.com, London - Ada banyak hal yang disampaikan Raja Charles III dalam pidato pertamanya sebagai pemimpin Kerajaan Inggris, Jumat (9/9/2022) kemarin. Salah satunya tentang putra sulungnya, Pangeran William, dan juga Kate Middleton.

Dilansir dari E! News, Sabtu (10/9/2022), ia mewariskan gelar yang dipegang olehnya selama lima dekade lebih: Prince of Wales. “Keturunan saya, William sekarang mendapatkan gelar Skotlandia yang sangat berarti bagi saya," kata Raja Charles.

Pria 73 tahun ini mengatakan Pangeran William menggantikannya sebagai Duke of Cornwall, sebuah tanggung jawab yang ia pegang selama lebih dari lima dekade.

“Hari ini, saya bangga mengangkatnya sebagai Pangeran Wales, Tywysog Cymru, yang gelarnya sangat saya sanjung selama hidup dan tugas saya," tuturnya. Tywysog Cymru sendiri adalah bahasa Welsh dari gelar ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Princess of Wales yang Baru

Tak hanya Pangeran William, ia juga berbicara soal sang menantu, Kate Middleton. Seperti diketahui, ibu tiga anak tersebut kini menyandang gelar Princess of Wales, yang sebelumnya dimiliki mendiang Putri Diana.

“Dengan Catherine di sampingnya, saya yakin Pangeran dan Putri Wales kita yang baru akan terus menginspirasi dan memimpin dialog nasional kita, membantu membawa kaum marginal ke titik di mana bantuan yang vital dapat diberikan," kata dia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Sosok Inspiratif

Raja Charles juga mengungkap rasa duka yang mendalam atas kepergian ibundanya. Ia juga menyatakan bahwa Ratu Elizabeth II adalah sosok teladan bagi keluarganya. 

"Sepanjang hidupnya, Yang Mulia Ratu – Ibu saya tercinta – adalah inspirasi dan teladan bagi saya dan semua keluarga saya, kami berutang budi seperti halnya para keluarga terhadap ibu mereka; untuk cinta, kasih sayang, bimbingannya. pengertian dan teladannya,” tutur Raja Charles III dalam pernyatan yang ditayangkan di TV ini.

4 dari 4 halaman

Susul Pangeran Philip

Seperti diketahui, Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada 8 September 2022 dalam usia 96 tahun. Kabar duka ini datang tak lama setelah tim dokter mengungkapkan kekhawatiran atas kondisi kesehatan sang Ratu. 

Ratu Elizabeth meninggal dunia sekitar 1,5 tahun setelah kepergian sang suaminya, Pangeran Philip. Sang Duke of Edinburgh meninggal dunia dalam usia 99 tahun pada 9 April 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.