Sukses

Raja Charles III Ungkap Kesedihan atas Meninggalnya Ratu Elizabeth II, Merasa Berutang Budi kepada Sang Bunda

Raja Charles III mengatakan mendiang Ratu Elizabeth II adalah suri tauladan bagi keluarganya.

Liputan6.com, London - Raja Charles III tampil di muka publik dalam posisi barunya sebagai pengganti sang ibu, sehari setelah Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Dilansir dari E! News, Sabtu (10/9/2022), sesuai dengan aturan Kerajaan Inggris, suksesi takhta dijalankan tak lama setelah Istana Buckingham mengumumkan kematian Sang Ratu di suami 96 pada 8 September lalu.

Dalam pidato ini, salah satu hal paling awal yang dibicarakan Raja Charles adalah tentang rasa dukacita atas kematian ibundanya.

“Aku berbicara di hadapan kalian dengan rasa duka yang mendalam,” kata dia.

Ayahanda Pangeran William dan Harry ini mengatakan mendiang Ratu adalah suri tauladan bagi keluarganya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berutang Budi

“Sepanjang hidupnya, Yang Mulia Ratu – Ibu saya tercinta – adalah inspirasi dan teladan bagi saya dan semua keluarga saya, kami berutang budi seperti halnya para keluarga terhadap ibu mereka; untuk cinta, kasih sayang, bimbingannya. pengertian dan teladannya,” tutur Raja Charles III dalam pernyatan yang ditayangkan di TV ini.

Ditambahkan, “Ratu Elizabeth menjalani kehidupannya dengan baik; takdirnya terpenuhi dan kepergiannya menimbulkan dukacita yang mendalam.”

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

70 Tahun Melayani Rakyat

"Selain kesedihan pribadi yang dirasakan semua keluarga saya, kami juga berbagi dengan Anda semua di Inggris Raya," tuturnya. Tak hanya di Inggris, kata Raja Charles, rasa duka ini juga dirasakan oleh Persemakmuran di berbagai negara dunia.

Ia menyatakan, “…rasa terima kasih yang mendalam kepada ibu saya, sebagai Ratu, yang selama lebih dari tujuh puluh tahun melayani rakyat dari begitu banyak negara."

4 dari 4 halaman

Meninggal di Usia 96

Ratu Inggris Elizabeth II meninggal dunia di Kastil Balmoral, Skotlandia. Sang penguasa monarki tutup usia di usia 96 tahun.

Ratu Elizabeth mangkat tak lama setelah kabar soal kondisi kesehatannya yang mengkhawatirkan berembus dari Skotlandia. Para dokter khawatir, anggota keluarga kerajaan pun diminta merapat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.