Sukses

4 Film tentang Kemerdekaan Indonesia yang Menggambarkan Perjuangan Para Pahlawan

Liputan6.com, Jakarta Negara Republik Indonesia akan memasuki HUT ke-77 tahun pada 17 Agustus 2022 mendatang. Sejumlah perayaan Kemerdekaan Indonesia pun dilakukan dengan berbagai cara.

Mulai dari menggelar perlombaan, pagelaran hiburan, hingga menciptakan sesuatu untuk Tanah Air termasuk membuat karya seni yang salah satunya adalah film tentang kemerdekaan Indonesia.

Menelusuri lebih jauh, terdapat sejumlah film sejarah karya sineas Tanah Air yang bertema Kemerdekaan Indonesia. Sejumlah film pun menyorot para pahlawan dalam meraih atau mempertahankan kemerdekaan yang jatuh pada 17 Agustus 1945.

Tentunya, film yang disuguhkan menggambarkan suasana yang sesuai ketika para pahlawan dan perintis kemerdekaan Indonesia berusaha untuk melepaskan diri dari penjajahan.

Memilah film-film yang ada, sudah cukup banyak tema kemerdekaan Indonesia yang pernah diangkat para sineas Tanah Air.

Laporan khas Showbiz Liputan6.com menyampaikan deretan film bertema kemerdekaan yang dirasa sangat cocok untuk ditonton sepanjang HUT RI ke-77 pada 17 Agustus 2022. Apa saja? Berikut deretannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

1. Soekarno: Indonesia Merdeka

Film Soekarno: indonesia Merdeka sangat pas disaksikan pada 17 Agustus mendatang karena mengisahkan perjuangann presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno sejak kecil hingga menjadi Bapak Proklamasi.

Soekarno disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan menggambarkan peristiwa pengasingan sang proklamator sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Film ini memenangkan penghargaan di ajang ASEAN International Film Festival and Awards (AIFFA Award) kategori Skenario Terbaik.

3 dari 5 halaman

2. Jenderal Soedirman

Film Jenderal Soedirman berkisah tentang kehidupan sosok pejuang bernama Raden Soedirman yang beraksi pada era pasca-kemerdekaan sebagai panglima besar hingga menjadi Pahlawan Nasional Indonesia.

Adipati Dolken mengemban tugas sebagai sosok Jenderal Soedirman dan sempat menuai cukup banyak pujian dari para pecinta film nasional.

Film yang dirilis pada 2015 ini berlatar pada peristiwa Agresi Militer Belanda II di Pulau Jawa pada 1948. Perjuangan Jenderal Soedirman yang gigih dalam memimpin pasukan melawan Belanda, menjadi sorotan utama.

 

4 dari 5 halaman

3. Battle of Surabaya

Tak hanya tema aksi hidup, Indonesia juga memiliki film bertema perjuangan Indonesia dalam format film animasi dua dimensi berjudul Battle of Surabaya.

Film produksi MSV Pictures yang disutradarai Aryanto Yuniawan ini berkisah tentang petualangan Musa, tukang semir sepatu yang menjadi kurir perjuangan warga Surabaya pada 10 November 1945.

Film ini menyabet penghargaan kategori Animasi Terbaik di Milan International Film Festival 2017, Berlin International Film Festival 2017, dan Nice International Film Festival 2017.

5 dari 5 halaman

4. Merah Putih

Film Merah Putih merupakan kolaborasi rumah produksi nasional dengan internasional. Film ini dirilis pada 2009, dan mengisahkan mengenai peristiwa Agresi Militer Belanda 1 pada 1947. Merah Putih diperankan secara apik oleh Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Teuku Rifnu, Zumi Zola, dan Darius Sinathrya. Merah Putih merupakan film pertama dari trilogi film bertema perjuangan lainnya, yaitu Darah Garuda (2010), dan Hati Merdeka (2011).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS