Sukses

Profil Olivia Newton-John Bintang Film Grease yang Ikonis: Ayahnya Agen MI5 di Perang Dunia II, Kakeknya Peraih Nobel

Liputan6.com, Jakarta - Sosok mendiang Olivia Newton-John mungkin paling dikenal lewat perannya sebagai Sandy dalam film Grease. Namun hidupnya—dan juga keluarganya—terbilang penuh warna.

Dilansir dari BBC, Selasa (9/8/2022), Olivia Newton-John lahir di Cambridge, Inggris, pada 26 September 1948. Namun keluarganya pindah ke Australia pada 1954, tapi saat remaja Olivia kembali hijrah ke Inggris.

Ayah sang aktris ternyata punya profesi yang sangat menarik. Ia adalah seorang agen MI5, yang berperan sebagai mata-mata Inggris dalam Perang Dunia II. Sementara kakeknya dari garis keturunan ibunya, adalah peraih Nobel, Max Born.

Dilansir dari laman Wikipedia, Max Born adalah seorang fisikawan Jerman yang fokus pada pengembangan mekanika kuantum. Ia meninggalkan negaranya setelah Nazi berkuasa pada 1933.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Karya Musik

Sebelum membintangi Grease, ia telah lebih dulu dikenal sebagai seorang penyanyi. Lagunya yang bertajuk “If Not For You” terbilang sukses. Sepanjang karier bermusiknya selama 1074-1977  ia juga memenangi empat piala Grammy.

BBC mencatat bahwa kritikus musik tak terlalu memuji karya-karya Olivia. Namun ia tak ambil pusing dengan hal ini.

“Saya kesal bila orang berpikir (musiknya) buruk hanya karena komersial. Justru sebaliknya. Kalau orang menyukainya, memang seharusnya begitu,” tuturnya dalam sebuah wawancara dengan Rolling Stone.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Karier dan Cinta

Selain Grease, Olivia Newton-John terlibat dalam beberapa produksi film. Beberapa di antaranya adalah Xanadu (1980), dan A Few Best Men. Ia juga mengisi soundtrack Face/Off, film yang dibintangi lawan mainnya di Grease, John Travolta.

Olivia Newton-John menikah dua kali sepanjang hidupnya. Suami pertamanya adalah aktor Matt Lattanzi yang menikahinya pada 1984, tapi rumah tangga mereka berakhir 11 tahun kemudian.

Tahun 2008, ia menikah dengan John Easterling, pendiri dan pimpinan Amazon Herb Company. Pernikahan ini berjalan awet, hingga Olivia Newton-John meninggal pada 8 Agustus 2022 lalu.

4 dari 4 halaman

Kanker dan Gelar Kebangsawanan

Olivia Newton-John meninggal dunia setelah tiga dekade berjuang melawan kanker. Ia pertama kali didiagnosis dengan kanker payudara pada awal dekade 1990-an, dan penyakit ini kembali datang dua kali. Tahun 2018 lalu, ia mengungkap tengah dalam perawatan untuk kanker yang menyebar ke tulang belakangnya.

Alih-alih berkecil hati, Olivia Newton-John justru menjadikan penyakitnya sebagai alasan untuk berbuat baik. Ia mendirikan Olivia Newton John Foundation, yang telah menggalang dana jutaan poundsterling untuk riset kanker. Atas kiprahnya ini, Ratu Elizabeth II memberikan penghargaan berupa gelar kebangsawanan Dame pada 2020.

Selamat jalan, Olivia….

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS