Sukses

Marshanda Mengaku Dibawa ke RSJ Sewaktu Hilang di Amerika Serikat

Marshanda berbicara kepada publik soal ke mana dirinya selama ia tak bisa dihubungi dan dinyatakan hilang.

Liputan6.com, Jakarta Marshanda akhirnya buka suara terkait isu dirinya hilang di Los Angeles, Amerika Serikat yang sempat membuat heboh. Awal mula Marshanda dikabarkan hilang lantaran seorang teman tak bisa menghubunginya kala itu.

Kepanikan temannya itulah yang membuatnya mengumumkan bahwa Marshanda hilang. Ditambah lagi, ibu satu anak itu mengidap gangguan bipolar sejak lama. Hingga pada akhirnya, Marshanda ditemukan.

Setelah itu, Marshanda berbicara kepada publik soal ke mana dirinya selama ia tak bisa dihubungi dan dinyatakan hilang. Ternyata ada kejadian tak menyenangkan yang sempat menimpanya hingga berada di RSJ alias Rumah Sakit Jiwa. Kisah ini disampaikannya melalui kanal YouTube Marshed.

Dalam videonya, Marshanda mengaku bahwa ia sedang berjalan-jalan di pantai Los Angeles pada 27 Juli 2022. Telepon genggamnya ditinggalkan di tempat menginap karena ia tak mau diganggu. Setelah itu, ia mengaku dibawa ke Rumah Sakit Jiwa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ingin ke Pantai Tanpa Diganggu

"Gue mainlah ke pantai. Gue tinggal semua HP di penginapan karena gue enggak mau ada yang tahu gue di mana. Gue kepingin me time, main ombak, merasakan kena ombak kayak gue waktu kecil," ujar Marshanda di kanal YouTube miliknya tersebut, diunggah belum lama ini.

Kepanikan teman Marshanda yang bernama Sheila itu, membuatnya menghubungi layanan darurat setempat, 911. Rupanya di saat sedang menikmati pantai, ia dijemput oleh petugas yang membawa mobil ambulans.

"Pas gue dijemput petugas ambulans, semua pada bingung, 'Ngapain lu jemput gue?' Orang ambulance juga bingung ini orang kelihatan baik-baik saja," ujar Marshanda.

"Pertama, ambulans. Kedua, ada 911 juga. Ambulans, 911, yang pada ujung-ujungnya adalah rumah sakit jiwa, mental health facility," sambung Marshanda.

 

3 dari 4 halaman

Bukan Permintaan Temannya

Marshanda lalu menjelaskan bahwa kejadian penjemputan oleh para petugas tersebut rupanya di luar kendali dan bukan atas permintaan teman-temannya.

"Itu semua sudah di luar kontrolnya Sheila sama David. Mereka enggak bermaksud sampai gue dibawa ke rumah sakit jiwa," jelas Marshanda.

“Rumah sakit jiwa khawatir lihat gue. Mereka menahan gue di sana. Dari tanggal 27 Juni sampai 11 Juli gue di mental health facility, di mana orang semua enggak ada yang bisa mengakses gue. Bahkan ibu dan adik gue saja telepon gue cuma dua kali," terang Marshanda.

 

4 dari 4 halaman

Alasan Dibawa ke RSJ

Marshanda juga menjelaskan alasan di balik dirinya dibawa ke Rumah Sakit Jiwa. Rupanya setelah mendapatkan berbagai pertanyaan, Marshanda meminta petugas membuka fitur kesehatan berdasarkan identitas.

Meskipun hanya memperlihatkan pengobatan untuk tumor payudara, ada beberapa obat-obatan yang mengacu pada penyembuhan kondisi mentalnya.

“Di kolom medication terdapat obat-obatan yang isinya kok obat penenang, obat mania, untuk depresi, bipolar,” ujar wanita yang akrab disapa Caca itu.

“Itulah yang membuat 911 akhirnya membawa gue ke mental health facility,” jelas Marshanda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.