Sukses

Lightyear Akhirnya Tayang di Indonesia untuk Penonton Usia 21 Tahun ke Atas

Liputan6.com, Jakarta Film Lightyear yang dirilis oleh Disney pada Juni 2022 lalu sempat dicekal oleh berbagai negara termasuk Indonesia. Alhasil, pecinta film animasi Pixar dan Disney di Tanah Air, jadi tak bisa menikmati film yang berasal dari karakter Toy Story dengan bintang utama Chris Evans ini.

Namun seiring berjalannya waktu, pihak Disney+ Hotstar akhirnya mewadahi para penggemar film animasi Disney dan Pixar dengan menayangkan Lightyear di platform mereka. Namun lantaran masih hangatnya kontroversi adegan LGBTQ+ dalam film ini, rating usia penonton pun dibatasi.

Berdasarkan pantauan kami pada Kamis (4/8/2022), film Lightyear yang sudah tersedia di Disney+ Hotstar memiliki rating usia untuk penonton 21 tahun ke atas. Bahkan ketika memasuki filmnya, terdapat peringatan konten sensitif yang tak cocok untuk anak-anak.

Menyaksikan filmnya, adegan yang sempat menyulut kontroversi pada fase awal film ini masih ditampilkan. Momen itu adalah ketika Buzz Lightyear menyaksikan sahabat wanitanya bernama Alisha yang sudah berusia lanjut (karena ada perbedaan waktu di luar angkasa), mengecup bibir pasangan sesama jenisnya di depan pintu rumah sambil disambut anak laki-laki dan menantu perempuan Alisha dan pasangannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Isu yang Bikin Gerah

Sebelumnya, Lightyear menjadi film animasi Disney dan Pixar pertama yang mengundang kontroversi di berbagai negara terutama di Timur Tengah dan belahan Asia lainnya, lantaran mencuatnya isu adegan LGBTQ+ yang sempat diembuskan berbagai pihak.

Sejak saat itu, dugaan liar terhadap film Lightyear pun bermunculan, lantaran banyak yang mengira Buzz merupakan seorang gay yang terlibat adegan mesra dengan sesama pria.

Namun begitu, kontroversi terhadap ini sedikit berkurang setelah beberapa pihak membeberkan adegan ciuman lesbian singkat tersebut di media sosial.

Dalam film ini, jelas Buzz Lightyear tak ditampilkan sebagai seorang pelaku LGBTQ+ terlebih gay, meskipun tak dijelaskan soal orientasi seksual sang karakter. Buzz lebih berfokus pada misi menyelamatkan galaksi bersama rekan-rekannya ketimbang terlibat dalam hubungan asmara.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Berbeda di Amerika Serikat

Tentunya rating usia 21 tahun ke atas di Indonesia untuk film Lightyear ini sangat jauh berbeda dari rating di negara asalnya, Amerika Serikat.

Negara yang secara undang-undang sudah melindungi hak kaum LGBTQ+ ini memberikan rating PG (Parental Guidance) atau yang di Indonesia setara dengan BO (Bimbingan Orangtua).

Tampaknya, pihak Disney dan Pixar menyadarai bahwa konten berbau LGBTQ+ sesingkat apapun memang tak layak untuk dikonsumsi anak-anak tanpa pengawasan orangtua masing-masing.