Sukses

Power Rangers Sudah Masuk Musim ke-29, Dapat Penghargaan Program Anak Terbaik

Liputan6.com, Jakarta Waralaba serial laga Power Rangers yang mengudara sejak 1994 silam, merupakan adaptasi dari seri tokusatsu Jepang Super Sentai. Kini, seri terbaru yang sedang mengudara di televisi adalah Power Rangers Dino Fury yang mengantarkan waralaba tersebut mencapai musim ke-29.

Menariknya, Power Rangers Dino Fury yang sudah mencapai musim kedua sejak mengudara pada Februari tahun lalu, sempat menerima penghargaan dari GLAAD Media Awards. Kategori yang diraih adalah Outstanding Kids and Family Programming yang artinya adalah program untuk anak dan keluarga.

Penghargaan tersebut diraih pada awal Mei lalu dan berhasil mengungguli serial lainnya yang masuk nominasi serupa seperti Amphibia (Disney Channel), Centaurworld (Netflix), High School Musical: The Musical: The Series (Disney+), The Loud House (Nickelodeon), hingga The Owl House (Disney Channel).

Serial yang diadaptasi dari Super Sentai Jepang Kishiryu Sentai Ryusoulger ini mengudara di Nickelodeon pada musim pertama. Namun selanjutnya, Netflix yang menayangkan kembali musim pertama dan secara eksklusif menayangkan musim kedua sebanyak 11 episode secara bersamaan pada 3 Maret 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Power Rangers Pertama

Power Rangers pertama kali mengudara pada 28 Agustus 1993 dan sempat meledak di pasar dunia termasuk di Indonesia. Kisahnya mengambil dasar dari Super Sentai Jepang Kyouryuu Sentai Zyuranger yang memiliki tema hewan purba termasuk dinosaurus.

Karakter-karakter utama serial ini, yaitu Jason Lee Scott, Trini Kwan, Billy Cranston, Kimberly Hart, Zack Taylor, dan Tommy Oliver, sempat menjadi idola anak-anak di Indonesia kala itu.

 

3 dari 4 halaman

Versi Film

Meskipun sudah memiliki 29 musim, waralaba Power Rangers hanya memiliki tiga buah film. Pertama adalah Mighty Morphin Power Rangers: The Movie yang berada di kisah serial pertama, dirilis pada 1995. Kemudian film selanjutnya adalah Turbo: A Power Rangers Movie yang menampilkan karakter baru.

Pada 2017, sebuah film daur ulang berjudul Power Rangers yang tak memiliki kaitan dengan serialnya dirilis.

 

4 dari 4 halaman

Tak Sukses

Sayangnya, film ini tak terlalu sukses dan malah menuai banyak kritik dari pengamat maupun beberapa penggemar meskipun cameo beberapa pemeran Power Rangers pertama muncul sekilas dalam film ini.

Alih-alih membuat sekuel, para sineas malah hendak mendaur ulang film ini dengan plot cerita yang baru. Hal ini juga sempat menuai protes sejumlah penggemar yang mengaku sangat menikmati film sebelumnya.