Sukses

Fakta di Balik Layar Film White Building Wakil Kamboja di Oscar 2022, Karya Sineas Kavich Neang 

Liputan6.com, Jakarta Ifa Isfansyah mengobrol dengan sineas asal Kamboja, Kavich Neang via platform streaming KlikFilm, pekan ini. Kavich Neang adalah sutradara film White Building, wakil Kamboja di ajang Oscar 2022.

White Building menampilkan kisah Samnang (Piseth Chhun), pemuda berusia 20 tahun dan teman-temannya yang tinggal di sebuah blok perumahan petak terkenal di ibukota Kamboja, Phnom Penh.

Blok perumahan ini dikenal dengan White Building. Mereka berlatih menari dan bermimpi mengikuti kontes adu bakat televisi. Samnang sadar dalam waktu dekat rumahnya akan terguncang.

Pasalnya, penduduk White Building akan digusur. Konflik sosial dan harmoni kehidupan warga dipotret Kavich Neang secara indah sekaligus realistis. Jadilah White Building sebagai cermin sosial yang menarik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Festival Film Venice 2021

“Film ini personal sekali bagi saya. Saya pernah tinggal di sana dan meninggalkan bangunan itu di tahun 1990-an. Sebuah gedung bisa punya cerita sendiri, bagaimana orang menjalani hidup di situ,” katanya.

Uniknya, tak ada aktor ternama di White Building. Meski demikian bukan berarti para bintang di film ini tak bersinar. Buktinya, Piseth Chhun yang memerankan Samnang diganjar Best Actor di Festival Film Venice 2021.

3 dari 4 halaman

Tak Ajak Aktor Terkenal

“Saya memutuskan tak mengajak aktor terkenal. Rasanya ada kejutan, ketika orang yang belum profesional memainkan film ini. Itu yang dirasakan penonton,” Kavich Neang menyambung.

Salah satu bagian tersulit saat syuting yakni adegan di motor. Tidak ada percakapan mendetail di situ karena Kavich Neang hanya ingin mempresentasikan atau memvisualkan perasaan sang tokoh.

4 dari 4 halaman

Bukan Ahli

“Karena aktornya bukan ahli, dan sedikit berbahaya syuting di jalanan. Take-nya bisa 20 kali. Saya rasa masing-masing 10 kali take. Adegan itu paling susah karena ada dua angle yang diperlihatkan,” kenangnya.

Kavich Neang berharap White Building ditonton banyak orang dan pesannya mendarat di banyak hati audiens. Di Indonesia, film ini bisa disaksikan secara legal lewat platform streaming KlikFilm mulai 1 Juli 2022.