Sukses

Selain Rizky Billar dan Lesti Kejora, 5 Artis Indonesia Ini Pernah Batal Pergi Haji: dari Jadwal Bentrok hingga Konflik dengan Agen Travel

Liputan6.com, Jakarta Bisa pergi melakukan ibadah haji merupakan impian setiap umat Muslim. Tahun ini, pemerintah Arab Saudi kembali membuka kuota ibadah haji. Sejumlah WNI telah bertolak ke Tanah Suci, bersiap menjalankan ibadah haji.

Tahun ini, Gus Miftah pernah menyebut bahwa sejumlah influencer mendapat undangan pergi haji dari pemerintah Arab Saudi. Di antaranya, pasutri Rizky Billar dan Lesti Kejora. Namun, dalam sebuah video unggahan KH Entertainment tertanggal Rabu (29/06/2022), Billar mengaku tak dapat memenuhi undangan pergi haji karena ada komitmen lain.

Bintang sinetron Cinta Karena Cinta mengaku sudah memiliki jadwal kerja yang tak bisa ditinggalkan. “Ada jadwal yang bentrok, jadwal kerjaan yang sudah kita sepakati,” ujar Billar. Lebih lanjut, Billar berharap naik haji di masa mendatang. “Insyaallah kita dikasih kesempatan lagi, panjang umur, ada rezeki di tahun depan,” harapnya.

Selain Rizky Billar, berikut sejumlah artis yang pernah batal naik haji, dirangkum oleh Showbiz Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (30/06/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Deddy Corbuzier

Gus Miftah memberikan klarifikasi bahwa dari awal Deddy belum mengiakan ketika mendapat undangan pergi haji. Menurut Gus Miftah, secara psikologis Deddy belum siap.

Selain itu, Deddy disebut Gus Miftah sosok idealis. Ayah Azka ini tak mau beribadah dengan cara disponsori atau dibiayai pihak lain.

3 dari 7 halaman

Raffi Ahmad

Gus Miftah kepada awak media juga mengatakan Raffi Ahmad batal pergi haji tahun ini, karena sudah ada jadwal lain. Namun, menurut Gus Miftah, Raffi berencana pergi haji pada tahun depan.

4 dari 7 halaman

Orangtua Ayu Ting Ting

Pada 2012, Ayu Ting Ting siap memberangkatkan kedua orangtuanya, Abdul Razak dan Umi Kalsum pergi haji. Namun kareka kesalahan pihak travel, Ayah Ojak dan Umi batal berangkat. Kala itu kedua orangtua Ayu sempat jatuh sakit. Namun pada 2013, Ayah Ojak dan Umi berhasil berangkat haji.

5 dari 7 halaman

Lyra Virna dan Muhammad Fadlan

Pasutri Muhammad Fadlan dan Lyra Virna pernah berkonflik dengan sebuah agen perjalanan haji pada 2017. Kala itu Lyra merasa ditipu. Ia mengaku sudah membayar senilai Rp 200 juta, namun malah gagal pergi haji. Masalah ini bergulir cukup panjang lantaran pihak Lyra dan pemilik travel saling lapor polisi.

6 dari 7 halaman

Zaskia Adya Mecca

Zaskia Adya Mecca pernah berencana naik haji pada 2017, namun tidak mendapat kuota dan harus menunggu beberapa tahun. Zaskia kala itu mengaku terkejut lantaran sang kakak, Tasya Nur Medina yang tak melakukan persiapan, justru bisa berangkat pada tahun itu juga

Lewat unggahan pada 2021, istri Hanung Bramantyo mengungkap harus kembali menunda pergi haji lantaran pandemi Covid-19. Zaskia pun sempat curhat pada salah satu unggahan Instagram Stories. “Punya uang, punya waktu, belum tentu bisa berangkat semau kita. Tetap Allah yang menentukan siapa yang bisa datang,” tulisnya kala itu.

7 dari 7 halaman

Infografis