Sukses

Ridwan Kamil Pikirkan Tanggung Jawab Mengurus 50 Juta Manusia Jawa Barat Saat Mencari Eril

Anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, yang hilang di sungai Aare, Bern, Swiss, Kamis (26/5/2022) hingga kini belum ditemukan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sempat mengajukan cuti untuk mencari keberadaan putranya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, yang hilang di sungai Aare, Bern, Swiss, Kamis (26/5/2022).

Hingga masa cutinya habis, Ridwan Kamil belum juga mendapatkan hasil maksimal atas pencarian terhadap Emmeril Khan Mumtadz. Alhasil, suami Atalia Praratya ini memutuskan untuk kembali bertugas sebagai Gubernur Jawa Barat.

Ridwan Kamil tak lagi melakukan perpanjangan cuti untuk mencari Eril. Melansir dari video pengajian yang diunggah kanal YouTube KH Infotainment, Senin (6/6/2022), Ridwan Kamil membeberkan alasannya tak mengambil perpanjangan cuti.

“Nah, jadi kembali lagi kalau ditanya, kami sudah ikhlas. Sebagai seorang ayah yang takdirnya pada saat anak berpulang, saya sedang memimpin umat 50 juta manusia. Maka tidak mudah bagi saya untuk membagi waktu,” ujar Ridwan Kamil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sudah Bersumpah

Ridwan Kamil mengakui, hingga kini ia bersama sang istri masih beradaptasi dengan kehilangan. Di sisi lain, ia sadar, tugas sebagai abdi masyarakat tak bisa menunggu terlalu lama.

“Di satu sisi, saya ayah dari seorang anak. Di sisi lain, saya sudah bersumpah mengurusi 50 juta manusia Jawa Barat yang tentunya butuh keputusan-keputusan pemimpin seperti saya,” Ridwan Kamil menyambung.

Bintang film Dilan 1990 menyebut kehilangan Eril sebagai ujian hidup. Seperti sekolah, level ujiannya beda-beda. Ridwan Kamil merasa soal ujian yang dihadapinya lebih banyak sekaligus sulit.

 

 

3 dari 4 halaman

Dugaan Eril Alami Kram

Ridwan Kamil menyebut tragedi di Sungai Aare sebagai musibah meski sebenarnya Eril bisa berenang dan semasa hidup telah mengantongi lisensi menyelam. Ia menduga Eril kram.

“Jadi pas kejadian, kami itu menduga ada kram. Karena fisiknya itu lebih tinggi dari saya. Di usia yang lagi bagus-bagus badannya. Dia juga hobi berenang, punya lisensi menyelam pula,” kata Ridwan Kamil.

“Makanya doa saya selalu: Ya Allah saya tidak minta dimudahkan urusan hidup saya, tapi saya minta selalu dikuatkan punggung dan bahu saya karena pasti akan mendapati ujian-ujian yang akan besar lagi,” ia menguraikan.

4 dari 4 halaman

Pencarian Belum Usai

Sementara Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad mengatakan bahwa pencarian Emmeril Kahn Mumtadz, anak Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat yang hilang di Sungai Aare akan terus dilakukan hingga ditemukan. 

Diketahui bahwa putra Ridwan Kamil yang akrab disapa Eril tersebut telah hilang karena terseret arus di Sungai Aare di Kota Bern, Swiss sejak 26 Mei 2022.

Meski pihak keluarga sudah meyakini Eril telah meninggal dunia, KBRI di Swiss memastikan pencarian belum selesai.

Menurut Dubes Muliaman, hingga saat ini pihak kepolisian Swiss saat masih dan terus melakukan upaya-upaya yang optimal dalam proses pencarian Eril.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.