Sukses

Viral Cerita Ibunda Maudy Ayunda Pindahkan Anaknya dari Sekolah SD karena Disuruh Menghafal Nama Kecamatan

Liputan6.com, Jakarta Cerita ibunda Maudy Ayunda, Mauren Jasmedi, soal pendidikan putrinya kembali viral. Dia membahas ini pada 10 Juli 2021 di Instagram-nya. Namun pada Kamis (26/5/2022) topik ini kembali ramai dibicarakan oleh warganet di Twitter hingga mengumpulkan ribuan komentar.

Di awal ceritanya, Mauren mengungkap bahwa awalnya Maudy Ayunda menempuh pendidikan di sekolah berkurikulum nasional sejak TK sampai kelas 2 Sekolah Dasar.

"Awalnya, sama sekali tdk terpikir pindahkan anak dari sekolah tsb. Sampai suatu saat, ketika sy menemani anak2 belajar," tutur wanita paruh baya itu.

Mauren tertegun saat mengetahui anaknya disuruh menghafal nama-nama kecamatan. Lalu, ada materi-materi pembelajaran lainnya yang juga dia anggap kurang sesuai.

"Sy kecewa atas materi pembelajaran kala itu, dimn murid diminta menghapal nama2 kecamatan di Jkt, & materi2 hapalan lain yg sy anggap krng tepat," ungkapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Mengamati

Mauren akhirnya bergegas mencari sekolah lain dan mengamati pergaulan siswa siswinya. Ini dia lakukan di beberapa sekolah.

"Saat mcari2 SD kala itu, sy tdk masuk ke ruang kantor, tp sy coba duduk di kantin, mdengar murid2 berceloteh, mengintip proses bljr di bbrapa kelas & itu sy lakukan setiap hari dibbrapa SD," ujarnya.

Hingga dia menemukan satu SD dengan kurikulum Nasional Plus yang baru berdiri. Satu kelasnya hanya ada 9 orang. Mauren jatuh cinta dengan sekolah ini karena hubungan antara murid dan guru terjalin begitu dekat.

3 dari 4 halaman

Proses Belajar Mengajar

Tak hanya itu, dia juga menilai bahwa siswa siswi di sana sangat santun meski kebanyakan dari mereka berbicara dalam bahasa asing.

"Saat sy mgintip di kelas2 terasa proses belajar yg menyenangkan, melibatkan murid scr aktif, berkomunikasi 2 arah & kelas terlihat penuh semngat & kegembiraan," tuturnya.

"Uniknya walau bukan sekolah islam, terlihat bbrapa anak2 muslim, sholat bersama guru agama disekolah tsb. Keesokan hari nya sy sdh tdk sabar mengajak anak sy berkunjung kesekolah tsb (terpaksa bolos😜)" sambungnya.

4 dari 4 halaman

Pindah Sekolah

Dan ternyata bukan hanya sang ibu yang tertarik dengan sekolah tersebut, Maudy Ayunda pun demikian. Pelantun "Perahu Kertas" ini akhirnya memutuskan untuk pindah dari sekolahnya yang lama.

"Hanya dlm 1hari, sulungku bahkan sdh berkeputusan tidak lagi ingin bersekolah disekolah lama, padahal kami hanya berkeliling sekolah yg kecil & akhirnya diizinkan trial hadir didlm kelas hingga kelas berakhir," tutupnya.