Sukses

Dukungan Selebriti Untuk Pengesahan RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah artis dan komedian Tanah Air mengungkapkan rasa syukur setelah perjuangan panjang, Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) sah menjadi undang-undang atau UU.

Pengesahan RUU TPKS menjadi UU dilakukan dalam Rapat Paripurna DPR ke-19 masa sidang IV tahun sidang 2021-2022. Dukungan terhadap pengesahan RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual ini disuarakan sejumlah insan selebritis di Indonesia.

"Terima kasih, terima kasih, terima kasih, untuk semua orang baik yang mau terlibat di politik dan memperjuangkan UU TPKS sah. Salah satu hadiah terbaik untuk bangsa ini. Alhamdulillah 💜😭😭 #UUTPKSSAH!!!!," tulis sutradara Gina S. Noer.

Dukungan terhadap pengesahan RUU TPKS ini juga disuarakan Hannah Al Rashid. "Literally wanna hug everyone right now, but I’m too busy ugly crying in my kosan 🥺😂 To all survivors who have spoken up, to all pendamping who never stopped being there, kepada semua yang selama ini #berpihakpadakorban THANK YOU THANK YOU THANK YOU! #UUTPKS," tulisnya di Instagram.

2 dari 4 halaman

Arie Kriting

Ucapan selamat juga datang dari komedian Arie Kriting. Ia berharap mulai hari ini aturan itu dapat membawa rasa keadilan dan jaminan keamanan, terutama kepada perempuan dan anak.

"Selamat untuk RUU TPKS yang sudah sah menjadi UU TPKS," ucap Arie.

"Semoga mulai hari ini dan seterusnya bisa membawakan rasa keadilan dan jaminan keamanan bagi jiwa dan raga manusia Indonesia terutama kaum perempuan dan anak," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Dinantikan

Euforia tersebut menunjukan betapa masyarakat Indonesia menantikan undang-undang ini. Akhirnya, setelah tertatih selama satu dekade, tepatnya sejak 2012, RUU yang sebelumnya dikenal dengan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) telah terjawab. 

Euforia membanjiri berbagai platform media sosial, dengan sahnya Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) menjadi undang-undang.

Ucapan terima kasih, salut dan keharuan mengalir deras kepada Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (MenPPPA) Bintang Puspayoga.

4 dari 4 halaman

Trending Topic

Perjuangan selama 10 tahun itu memuncaki lima besar trending topic Indonesia dengan tagar #SuksemaBintangPuspayoga yang artinya terima kasih Bintang Puspayoga.

"Sah semuaaaaa teman-teman yang berjuang tanpa lelah selama ini demi korban kekerasan seksual. Akhirnya kita punya UUTPKS yang bisa melindungi kita semua! Alhamdulillah #SuksemaBintangPuspayoga," cuit Khayra di akun twitternya @Khayraartaa, beberapa waktu lalu.

Lain lagi akun @Macan1919 yang memperingatkan. "Senggol ni boss, udah ada pengesehan cuyy, hati2 buaya buaya #SuksemaBintangPuspayoga," cuitnya.