Sukses

Biarawati Alexa Yonsion Ciptakan Lagu Tentang Tragedi Hilangnya KRI Nanggala 402

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal 21 April 2021 bakal diingat masyarakat Indonesia sebagai hari kehilangan. Tepat di tanggal itu, 53 prajurit TNI AL hilang bersama dengan kapal selam KRI Nanggala 402.

Duka mendalam masih dirasakan, tak cuma keluarga yang ditinggalkan, tapi juga masyarakat yang menaruh hormat atas tugas dan pengabdian 53 orang prajurit pemberani itu. Salah satunya dirasakan biarawati M Alexa Yonsion.

Suster asal Desa Nita Meumere, Flores (NTT), diam-diam terinspirasi untuk membuat lagu demi mengenang hilangnya ke-53 Prajurit TNI AL berjudul "Selamat Jalan Pahlawanku TNI AL KRI Nanggala-402"

"Meski kejadian tersebut menyisakan duka yang mendalam bagi kita semua bangsa dan negara Indonesia tercinta. Saya ingin mengenang mereka sebagai pejuang dan pahlawan melalui lagu ini," kata Suster Alexa, sapaannya, melalui keterangan tertulis, Senin, 25 April 2022.

 

 

2 dari 4 halaman

Mengusik Mata Batin

Suster Alexa tak bisa melupakan kejadian nahas yang menimpa seluruh awak KRI Nanggala 402 di saat melakukan tugas dan kewajiban menjaga keamanan bangsa dan negara melalui area bawah laut.

Bagi dirinya, seluruh awak yang hilang bersama KRI Nanggala 402 merupakan sosok patriotik yang layak dikenang sebagai pahlawan.

"Kendati peristiwanya terjadi setahun silam, namun tetap mengusik mata bathin saya. Karena itu, saya bikin lagu untuk mengenang sekaligus mendoakan mereka,” Suster Alexa menambahkan.

 

3 dari 4 halaman

Rasa Peduli yang Kuat

Sedangkan, kata Suster Alexa, dorongan untuk melahirkan karya lagu tersebut tak lepas dari sikap kepeduliannya yang kuat terhadap ke–53 Prajurit TNI AL.

Mereka yang bertugas di KRI Kapal Selam Nanggala 402 dan kemudian gugur, dapat dikategorikan sebagai ‘Pahlawan‘ tanpa tanda jasa yang begitu gigih dalam menjaga kedaulatan negara.

“Semoga melalui karya lagu saya ini, bisa mewakili perasaan keluarga besar TNI AL. Meski kejadian tersebut, menyisakan duka yang mendalam bagi kita semua," dia menuturkan.

 

4 dari 4 halaman

Menyurati KSAL

Masih terkait dengan karya lagunya itu, Sr M Alxe Yonsion Bsmc mengaku telah menyurati KSAL (Kepala Staf Angkatan Laut) Laksamana Yudo Margono. Maksud dan tujuannya adalah untuk ikut nyanyi bareng. Bahkan jika dimungkinkan bisa melibatkan staf dari Mabes TNI AL.

“Jadi, harapan saya tentunya bisa direspon oleh Bapak Laksamana Yudo Margono dan juga Mabes TNI AL. Saya bikin lagu tersebut sebagai bentuk ungkapan duka cita yang mendalam terhadap kepahlawan para prajurit TNI AL yang kita cintai,” kata Suster Alexa.

Lagu "Selamat Jalan Pahlawanku TNI AL KRI Nanggala 402" diniatkan sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan dharma baktinya yang sangat besar terhadap bangsa dan negara Indonesia.