Sukses

Penyelenggara Oscar Tuding Will Smith Ogah Tinggalkan Acara Usai Menampar Chris Rock, Meski Sudah Disuruh

Terakhir, pihak Academy juga mengungkap permintaan maaf kepada Chris Rock soal Will Smith yang menamparnya di Oscar 2022.

Liputan6.com, Jakarta Academy of Motion Picture Arts and Sciences, bolak-balik buka suara soal insiden Will Smith menampar Chris Rock di Piala Oscar 2022. Organisasi ini mengungkap suami Jada Pinkett Smith tersebut sebenarnya sudah diminta untuk meninggakan lokasi setelah melayangkan tamparannya.

Dilansir dari People, Kamis (31/3/2022), pihak Academy mengakui bahwa insiden itu terjadi tanpa mereka antisipasi.

"Meski kami ingin mengklarifikasi bahwa Tuan Smith diminta meninggalkan seremoni dan ia menolaknya, kami juga menyadari bahwa kami seharusnya bisa menangani situasi ini secara berbeda," begitu pernyataan penyelenggara perhelatan Academy Awards tersebut. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Proses Pendisiplinan

Academy juga kembali menyatakan bahwa mereka mempertimbangkan sanksi untuk WIll Smith. 

"Jajaran Gubernur hari ini menginiasiasi proses disiplin terhadap Tuan Smith atas pelanggaran terhadap Standar Perilaku Academy, termasuk kontak fisik yang tak pantas, perilaku mengancam atau kekerasan, dan merusak integritas Academy," begitu isi pernyataan mereka. 

3 dari 5 halaman

Pemungutan Suara

Pihak Academy menyatakan akan ada pemungutan suara untuk menentukan nasib bintang King Richard tersebut. 

"Sesuai dengan Standar Perilaku Akademi, serta hukum California, Tuan Smith mendapatkan setidaknya waktu 15 hari mengenai hasil pemungutan suara mengenai pelanggaran dan sanksinya, ia juga mendapat kesempatan untuk didengar [pendapatnya] melalui pernyataan tertulis," kata pihak Academy.

Sanksi yang mungkin bisa diambil mulai dari diskors hingga pemberhentian. 

 

4 dari 5 halaman

Minta Maaf kepada Chris Rock

Terakhir, pihak Academy juga mengungkap permintaan maaf kepada Chris Rock.

"Tindakan Tuan Smith di Oscar ke-94 adalah peristiwa yang traumatis dan sangat mengejutkan untuk disaksikan, baik secara langsung maupun di televisi. Tuan Rock, kami meminta maaf kepada Anda atas apa yang Anda alami di panggung dan terima kasih telah bertahan pada saat itu," tulis pihak Academy 

5 dari 5 halaman

Chris Rock Bersuara

Chris Rock sendiri telah bereaksi atas insiden ini dalam pertunjukan standup comedy-nya yang digelar pada Rabu kemarin. Sang komika mengakui ia masih belum siap untuk menyampaikan pemikirannya soal insiden tersebut, tapi berjanji akan memberikan responsnya. 

"Aku masih memikirkan apa yang sudah terjadi. Jadi, ada titik di mana aku akan ngomongin soal itu. Itu bakal serius tapi juga lucu," kata bintang film animasi Madagascar ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.