Sukses

Target Disney Plus Hotstar, Konten Indonesia Makin Diterima Dunia

Akan ada sejumlah konten Indonesia baru yang siap diluncurkan di Disney Plus Hotstar tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Disney Plus Hotstar yang hadir di Indonesia sejak akhir 2020 tak hanya datang membawa tayangan dari luar negeri. Pelan-pelan, platform ini mulai menghadirkan sejumlah konten orisinal dari Indonesia.

Beberapa judul di antaranya adalah Virgin The Series dan Susah Sinyal The Series. Tahun ini, bakal ada sejumlah konten Indonesia lain yang nongol di platform ini.

"Untuk tayangan Indonesia kami mengumumkan tujuh tayangan sejauh ini, dan ada lagi pada tahun ini," tutur Jessica Kam-Engle, Head of Content & Development Asia Pacific dari The Walt Disney dalam wawancara daring beberapa waktu lalu.

Jessica Kam-Engle menjelaskan bahwa di Indonesia, tayangan dari Tanah Air juga mendapat tempat di hati penonton. Di antara konten kawasan Asia Pasifik lain, posisinya berada di urutan kedua, di belakang tayangan dari Korea Selatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Agar Bisa Diterima

Khusus konten Indonesia, Jessica Kam-Engle mengungkap ada satu target yang ingin dicapai oleh Disney Plus Hotstar.

"Saya menantikan kesempatan untuk membangun produk Indonesia, secara perlahan dan terus menerus agar bisa diterima secara luas dan dengan lebih baik di seluruh dunia," tuturnya.

3 dari 5 halaman

Potensi Besar

Jessica menilai Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan konten orisinal, termasuk dari kearifan budaya lokal. Disney juga tak menutup pintu untuk konten seperti ini.

"Kemungkinannya selalu ada. Kami sebagai sebuah perusahaan, selalu melihat cerita yang bagus dari beragam belahan dunia untuk diceritakan kepada penonton global," kata dia.

4 dari 5 halaman

Sejumlah Pertimbangan

Mengenai pengembangan konten, Jessica menjelaskan ada beberapa pertimbangan dari Disney sebelum "meminang" sebuah proyek.

"Biasanya kami mempertimbangkan beberapa hal. Pertama adalah tim di baliknya, yang menawarkan kepada kami. Apakah mereka memiliki kemampuan eksekusi yang bagus dan juga track record mereka. Jadi studio produksinya cukup penting bagi kami," tuturnya.

5 dari 5 halaman

Memilih dengan Hati-Hati

Hal selanjutnya yang menjadi pertimbangan, adalah penceritaan dan juga genrenya. Drmaa romansa, horor, dan aksi, misalnya, sangat digemar pasar.

"Setelahnya kami mempertimbangkan hal-hal komersial seperti apakah jajaran pemainnya kuat, dan lainnya. Intinya kami memilih dengan hati-hati, terbaik dari yang terbaik," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.