Sukses

JogjaROCKarta 2022 Hadir dengan Konsep Rock on Jeep dan Digelar di Lanud Gading Wonosari

JogjaROCKarta 2022 bakal menampilkan musisi lokal dan tanpa band rock mancanegara.

Liputan6.com, Jakarta Perhelatan JogjaROCKarta sempat vakum selama dua tahun karena badai pandemi Covid-19. Ajang festival musik rock berkelas internasional ini bakal kembali digelar pada 24 & 25 September 2022, di Landasan Udara (Lanud) Gading Wonosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ajang JogjaROCKarta terakhir kali terselenggara pada 1 Maret 2020, di Stadion Kridosono Yogyakarta, dengan menampilkan band lokal dan mancanegara, mulai dari DeathVomit, Kelompok Penerbang Roket, Navicula, Powerslaves, Godbless, The Hu, White Snake, hingga Scorpions.

Ajang JogjaROCKarta bakal mengusung konsep adaptif konser drive in “Rock on Jeep”, dengan menggandeng komunitas-komunitas Jeep di Yogyakarta di antaranya Shiva Plateau dan Asosiasi Jeep Wisata Kaliurang.

"Konsep ini mengadaptasi kebiasaan baru untuk menonton konser secara offline, terutama festival musik rock yang belum memungkinkan untuk berkerumun secara utuh. Dengankonsep tersebut, nantinya para penonton JogjaROCKarta akan mendapatkan experience menaiki Jeep dari Tebing Breksi menuju Lanud Gading Wonosari untuk menikmati aksi panggung seluruh penampil JogjaROCKarta dari atas Jeep secara langsung hingga nantinya kembali lagi di TebingBreksi," ujar Founder Rajawali Indonesia & CEO JogjaROCKarta Festival, Anas Syahrul Alimi saat jumpa pers secara virtual, Jumat (4/3/2022).

Dengan melibatkan komunitas Jeep dalam JogjaROCKarta 2022 ini, diharapkan mampu membangkitkan kembali semangat para pelaku wisata dan tentunya pengembangan ekosistem festival musik yang terkait, dikarenakan penggunaan Jeep sebagai salah satu sarana wisata yang semenjak tahun 2020 hingga saat ini belum kembali seutuhnya, semenjak tersendatnya aktivitas wisata selama dua tahun kebelakang

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Band Pengisi

Berbeda dengan pelaksanaan JogjaROCKarta sebelumnya yang selalu menampilkan headliners mancanegara, kali ini untuk pertama kalinya JogjaROCKarta akan menampilkan band-band asal Indonesia sebagai headliners. Seperti ; Burgerkill, Dead Squad, Superman is Dead, SerigalaMalam, The Hydrant, Jamrud, Edane, Seringai, Death Vomit, Voice of Baceprot, Prison of Blues, dan masih banyak lagi lainnya. Nantinya 10 band tersebut, akan tampil di main stage JogjaROCKarta Festival 2022.

Tidak hanya itu, JogjaROCKarta kali ini juga akan menyajikan mini stage yang akan menampilkan band-band rock potensial asal Indonesia lainnya, yang akandiumumkan segera.

"JogjaROCKarta kali ini akan menampilkan sebagian besar band-band rock Indonesia yang pernah konser atau tour di luar negeri," ujar Bakkar Wibowo, Co Founder JogjaROCKarta Festival.

 

 

3 dari 4 halaman

Pindah Tempat

Pada perhelatan JogjaROCKarta tahun 2017 sempat berpindah venue dari Stadion Kridosono ke Candi Prambanan. Meskipun hal itu batal, dan kembali lagi ke Stadion Kridosono, setidaknya fakta tersebut sudah tercatat dalam sejarah JogjaROCKarta. Tahun ini, JogjaROCKarta untuk kali kedua, memutuskan untuk pindah ke venue baru, Landasan Udara Gading Wonosari,yang terletak kurang lebih 30 km di sebelah tenggara Kota Yogyakarta.

 

4 dari 4 halaman

Pengalaman Baru

Pemilihan venue tersebut sebagai bentuk keinginan promotor–Rajawali Indonesia untuk mewujudkan experience baru untuk para penggemar musik cadas di seluruh nusantara yang telah menantikan kehadiran JogjaROCKarta setelah dua tahun sempat absen karena terhalang pandemi.

"Perpindahan venue pada JogjaROCKarta kali ini menjadi ide segar dengan memanfaatkan Landasan Udara Gading Wonosari, JogjaROCKarta sedikit menepi dari hiruknya Kota Yogyakarta di tahun ini. Lanud Gading Wonosari sendiri, merupakan Landasan Udara yang belum sepenuhnyaberoperasi sehingga selagi masih dapat digunakan untuk pemanfaatan diluar penerbangan kami sangat antusias untuk menggelar JogjaROCKarta di Lanud Gading Wonosari. Hal ini tentu tidak menutup kemungkinan, bahwa akan banyak venue atau tempat potensial lainnya untuk JogjaROCKarta selanjutnya maupun event selanjutnya," ujar Ahmad Sobirin, Project Manager JogjaROCKarta Festival #5 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini