Sukses

Nama Doddy Sudrajat Seolah Digunakan untuk Menakut-nakuti Gala Sky, Begini Tanggapan Komnas Perlindungan Anak

Tanggapan Komnas Perlindungan Anak soal video viral Gala Sky Andriansyah ditakut-takuti dengan nama Dodi yang diduga adalah Doddy Sudrajat.

Liputan6.com, Jakarta Doddy Sudrajat sempat mempermasalahkan video viral yang namanya seolah digunakan untuk menakut-nakuti cucunya, Gala Sky Andriansyah. Ayah mendiang Vanessa Angel merasa nama baiknya tercoreng akibat ulah orang tak bertanggung jawab.

Menanggapi hal tersebut, Komnas Perlindungan Anak memastikan perbuatan itu telah melanggar hak anak. Apalagi dilakukan agar anak tak mau bertemu dengan nama yang disebutkan.

 

"Jika betul anak itu ditakut-takuti agar tidak mau bertemu dengan seseorang misalnya, itu juga pelanggaran terhadap anak," ujar Arist Merdeka Sirait, Ketua Komnas Perlindungan Anak, ditemui di kantornya di kawasan Jakarta Timur, Jumat (24/12/2021).

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Diarahkan

Arist Merdeka Sirait mengatakan, anak memiliki kebebasan dengan siapa ia akan bertemu dan berkomunikasi. Namun bila ada yang mengarahkan agar takut dengan seseorang, hal itu tidak dibenarkan.

"Anak harus bebas di mana dia mau berkomunikasi," ujar Arist.

3 dari 5 halaman

Bukti

Meski pihak Doddy Sudrajat sempat menuding bahwa video tersebut dibuat pihak Bibi Andriansyah, Arist tak lantas percaya. Butuh bukti untuk benar menyimpulkan semuanya.

"Harus ada bukti, tidak mungkin saya menyimpulkan itu. Hanya karena Pak Doddy datang (ke Komnas PA), 'Oh itu salah, pak Faisal salah.' Enggak," ujar Arist menegaskan.

4 dari 5 halaman

Bertemu Keluarga Bibi Andriansyah

Dalam rangka menengahi aduan Doddy Sudrajat, Arist berencana untuk bertemu keluarga Bibi Andriansyah terutama ayah mendiang, H. Faisal.

"Saya belum bertemu dengan Pak Faisal, belum juga ketemu Gala. Perlu ada visitasi untuk mengetahui yang sesungguhnya," ucap Arist.

 

5 dari 5 halaman

Video Viral

Sunan Kalijaga yang kini pengacara Doddy Sudrajat, memperkarakan video lawas ketika Gala Sky Andriansyah, putra semata wayang mendiang Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah, tengah bermain dan bercanda dengan seorang pria.

Dalam video tersebut, pria yang sedang memakai sebuah topeng menakut-nakti seorang anak sambil diiringi oleh suara wanita yang menyebut nama "Doddy".

Ternyata, pria bertopeng yang menakuti Gala itu adalah mendiang Bibi Andriansyah, ayah dari Gala Sky sendiri. Di video aslinya, tidak ada yang menyebut kata "Doddy" sama sekali.

Sayangnya, ada akun TikTok yang menggunakan video tersebut dengan menambahkan suara seolah-olah seseorang menakuti Gala Sky dengan menyebut nama Doddy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.