Sukses

15 Rekomendasi Film Liburan Akhir Tahun Terbaik 2021, Mulai dari Drama Musikal Hingga Aksi Kriminal

Liputan6.com, Jakarta Tahun baru tinggal beberapa minggu lagi. Apakah Anda sudah punya rencana liburan untuk merayakannya? Jika belum, jangan bersedih dulu. Masih banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu bersama orang terkasih di akhir tahun. Salah satunya adalah menonton film.

Kegiatan yang paling murah dan bisa dilakukan di mana saja ini menjadi salah satu yang paling sering dilakukan untuk mengisi waktu luang. Tayangan menarik mulai dari film aksi, petualangan, hingga drama musikal yang membuat Anda ikut menari dan bernyanyi akan mewarnai hari-hari Anda menyambut pergantian tahun.

Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi film liburan akhir tahun terbaik sepanjang 2021 ini, berikut ini ada beberapa daftar judulnya. Film-film ini datang bukan hanya dari Hollywood saja melainkan Negeri Ginseng, Korea.

Jangan lupa untuk menyiapkan makanan kecil, pasalnya deretan film berikut ini pasti akan membuat Anda enggan beranjak dari depan layar. Berikut ini 15 rekomendasi film yang siap menemani Anda liburan menyambut akhir tahun.

2 dari 16 halaman

1. The Box

Tak afdol rasanya jika menyambut liburan tanpa film yang memiliki nuansa riang. Anda bisa memilih film Korea berjudul The Box yang berkisah tentang perjuangan pemuda meraih impiannya menjadi seorang musisi terkenal.

Film yang satu ini dibintangi oleh Chanyeol EXO. Anda akan disuguhkan dengan aksi panggung Chanyeol yang menyanyikan lagu-lagu hits musisi papan atas dunia. Film ini pun baru dirilis pada pertengahan Maret 2021 lalu.

Berdurasi selama 94 menit, film The Box akan menggaungkan lagu-lagu populer seperti A Sky Full of Stars milik Coldplay. Tidak ketinggalan lagu milik Mariah Carey hingga Pharell William akan dinyanyikan oleh Chanyeol. Anda bisa nonton The Box korean movie melalui aplikasi Vidio.

3 dari 16 halaman

2. Whiplash

Masih dari film musikal, rekomendasi film selanjutnya datang dari Negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Film Whiplash wajib masuk daftar tonton Anda karena ada aksi Miles Teller yang berakting berbeda dari biasanya.

Jika Anda terbiasa melihat Miles dalam film aksi, perannya dalam film ini sedikit akan menggugah emosi Anda. Sama seperti The Box, akan ada pemuda yang ingin menggapai impiannya menjadi musisi terkemuka. Ia adalah Andrew yang menjadi siswa di sekolah musik di New York. 

Perbedaan cerita terdapat pada pelatih yang memandu pemuda ini belajar. Pelatih Andrew terkenal sangat kejam. Ia tak segan untuk melemparkan alat musik ke siswanya yang dianggap tidak mampu.

Padahal, Andrew sendiri berlatih drum hingga melukai tanganya sendiri. Apakah Andrew dapat membuktikan kepada pelatihnya bahwa dirinya bisa menjadi lebih baik seiring berjalannya waktu? Whiplash full movie bisa Anda saksikan juga melalui layanan streaming Vidio.

4 dari 16 halaman

3. Hotel Transylvania

Setelah melihat perjuangan Miles Teller, saatnya berkumpul bersama keluarga dengan nonton Hotel Transylvania. Film kartun yang berkisah tentang para monster yang mencoba melindungi diri dari manusia ini sayang untuk dilewatkan.

Meskipun memiliki karakter wajah yang menyeramkan, film kartun ini masih bisa disaksikan bersama anak karena unsur komedi yang siap mengundang tawa yang bisa menambah hangat suasana kumpul keluarga Anda.

Dikisahkan para monster sangat ketat menjaga dunianya dari kehadiran manusia. Pasalnya, mereka menganggap bahwa manusia akan menghancurkan eksistensi mereka di muka bumi. Namun kenyataannya, salah satu monster diam-diam menyembunyikan identitas monster lainnya yang diketahui adalah seorang manusia.

Lalu, apakah penyamaran sang manusia ini akhirnya terbongkar juga? Apakah yang akan dilakukan para monster kepada manusia satu-satunya yang ada di dunia mereka ini? Langsung saja nonton Hotel Transylvania untuk temukan jawabannya.

5 dari 16 halaman

4. Spider-man Homecoming

Mungkin Anda masih belum bisa menonton film Spiderman terbaru saat ini. Jangan khawatir, Anda bisa kembali menonton film seri pendahulunya untuk mengingat jalan cerita yang hadir. 

Kisah utama Spiderman Homecoming tidak jauh dari karakter Peter Parker yang merupakan siswa sekolah menengah atas jurusan IPA.

Dibintangi oleh Tom Holland, ia harus berbagi waktunya antara urusan sekolah dengan kesibukannya menyelamatkan kota. Pada film Spiderman Homecoming ini, Peter tidak hanya mengurus kota New York saja.

Study tour yang diadakan pihak sekolah di museum di wilayah Washington DC ternyata membawa bencana yang membahayakan teman-teman Peter. Mampukan Peter menolong mereka tanpa membuka identitas dirinya?

6 dari 16 halaman

5. Ender's Game

Ender’s Game wajib menjadi rekomendasi film liburan Anda karena kisahnya yang bertema tentang alien. Untuk Anda yang baru saja menyaksikan serial Hawkeye, film ini bisa menjadi pilihan alternatif lainnya jika ingin melihat akting Hailee Steinfeld.

Film sci-fi ini bercerita tentang seorang remaja yang berusaha melawan alien. Segerombolan makhluk luar angkasa ini mencoba untuk menghabisi populasi manusia dan mengambil alih bumi.

Sebuah organisasi pun akhirnya memiliki ide untuk mengumpulkan dan melatih anak-anak yang berbakat untuk bisa berperang melawan alien. Sebandingkah kekuatan anak-anak ini jika melawan alien yang memiliki teknologi lebih maju? Nonton film Ender’s Game sekarang untuk melihat aksi menegangkan mereka.

7 dari 16 halaman

6. Inferno

Untuk rekomendasi film selanjutnya ini sangat cocok untuk Anda yang senang dengan teka-teki. Ya, Film Inferno yang dibintangi oleh Tom Hanks dan Felicity Jones ini merupakan film yang diadaptasi dari novel karya Dan Brown dengan judul sama.

Jika Anda merupakan pembaca karya fiksi milik Brown, pasti sudah tidak asing dengan plot cerita yang membuat Anda ikut memecahkan masalah. Dengan sudut pandang Robert Langdon (Tom Hanks), penonton diajak mencari tahu kode-kode yang membawa petunjuk di mana virus mematikan akan disebarkan.

Dibantu dengan Sienna Brooks (Felicity Jones), Langdon akan pergi ke berbagai negara berbeda. Sayangnya, amnesia ringan yang dihadapinya membuat pemecahan masalah tidak berjalan mulus.

Mampukah Langdon mendapatkan titik lokasi virus itu berada? Apakah semua umat manusia akhirnya terbebas dari ancaman virus mematikan yang sengaja dibuat ini? Film Inferno 2016 kini tersedia di platform streaming Vidio.

8 dari 16 halaman

7. La La Land

Setelah dipusingkan dengan teka-teki, Anda bisa kembali menyaksikan film musikal berjudul La La Land. Mungkin Anda mengenal Emma Stone sebagai karakter Gwen Stacy dalam film The Amazing Spiderman. Di film ini, Emma akan menunjukkan keahlian lainnya selain berakting yakni menyanyi dan menari.

Film La La Land mengisahkan tentang seniman yang dipertemukan secara tidak sengaja. Keduanya lalu saling jatuh cinta. Sebastian (Ryan Gosling) merupakan pianis jazz yang bermimpi memiliki klub sendiri. Sementara itu, Mia juga bermimpi menjadi pemain broadway yang sukses.

Hubungan mereka pun harus dikorbankan demi bisa mengejar impian mereka masing-masing. Di masa depan, kedua sukses dengan apa yang dicita-citakan. Namun, apakah mereka berdua masih mengingat hubungan yang pernah terjalin? Saksikan selengkapnya dalam La La Land movie.

9 dari 16 halaman

8. My Paparotti

Kembali ke film Korea. Film Paparotti masih mengusung tema sama seperti La La Land yakni film musikal. Cerita yang akan menemani Anda selama dua jam ini terdapat pada karakter Jang Ho (Lee Je Hoon) yang bermimpi bisa menjadi penyanyi opera profesional.

Sayangnya, latar belakang yang dimilikinya membuat segelintir orang menganggap remeh impiannya ini. Jang Ho merupakan ketua gangster terkenal yang senang mencari masalah. Reputasi yang buruk seperti pindah sekolah selama empat kali menambah daftar alasan mengapa dirinya tidak disukai.

Namun seiring berjalannya waktu, Jang Ho memperlihatkan keseriusannya dalam bernyanyi. Sang guru pun melihat potensi yang dimiliki Jang Ho bukan sekedar kemauan saja. Lagi-lagi, ia harus menerima hambatan ketika ia tidak diperbolehkan keluar dari geng yang dipimpinnya oleh sang bos.

Apakah Jang Ho dengan begitu saja menyerah menggadaikan mimpinya dengan status ketua geng?

10 dari 16 halaman

9. Oh! My Gran

Bagi Anda yang ingin film bertema komedi, film Korea Oh! My Gran bisa disaksikan bersama Anda sekeluarga. Aksi nenek lincah yang mengidap demensia ini juga dibungkus dengan kisah haru.

Bagaimana tidak, nenek yang satu-satunya menjadi saksi kunci sebuah kecelakaan harus kesulitan mengingat semua yang terjadi di hadapannya. Namun semangat serta dukungan dari orang sekitar dan juga cucu semata wayangnya membuat dirinya tetap semangat dengan penyakit yang dideritanya.

Adanya pesan moral yang terkandung di film Oh My Gran juga menjadi alasan film ini cocok untuk disaksikan bersama keluarga Anda.

11 dari 16 halaman

10. Okay! Madam

Rekomendasi selanjutnya masih datang dari film keluarga. Kembali datang dari Korea Selatan, film Okay! Madam menghadirkan cerita kocak seorang wanita paruh baya yang sedang terjebak dalam pesawat yang sedang dibajak.

Demi menyelamatkan keluarga tercintanya, sang wanita tidak kenal takut dengan para perompak berbahaya. Bukannya aksi tegang yang membuat Anda deg-degan, melainkan aksi kocak penuh tawa hampir memenuhi seluruh cerita.

Film yang dirilis pada Agustus 2020 ini pun mendapatkan respon positif. Pasalnya, meskipun rilis di tengah pandemi, pendapatan film Okay! Madam terbilang fantastis. Menurut situs Box Office Mojo, film ini berhasil masuk ke dalam 15 besar film dengan pendapatan tertinggi.

12 dari 16 halaman

11. I Can Speak

Butuh film inspiratif untuk menutup akhir tahun Anda? Pilihannya jatuh pada film I Can Speak. Film ini kembali mengisahkan tentang seorang wanita yang tak gentar belajar bahasa asing di umurnya yang tak lagi muda.

Dibintangi oleh Na moon He, Ok Bun dipandu oleh pemuda bernama Park Min Jae (Lee Je Hoon) untuk bisa mengasah kemampuan Bahasa Inggrisnya. Motif yang mendasari dirinya mau belajar adalah agar bisa menyuarakan pembelaannya di Mahkamah Internasional di Washington DC perihal keadilan untuk dirinya.

Nenek Ok Bun sendiri menyimpan kisah pahit selama masa mudanya. Ia menjadi salah satu korban perbudakan pada masa penjajahan dulu. Karena banyaknya pesan moral yang terkandung, rasanya sangat sayang jika Anda melewatkan film I Can Speak yang satu ini.

13 dari 16 halaman

12. Jumanji: Welcome to the Jungle

Mendengar kata Jumanji, pasti Anda sudah bisa menebak tema yang ditawarkan oleh film ini. Berbeda dari seri perdananya, Jumanji: Welcome to the Jungle memiliki cerita yang sedikit lebih kekinian.

Meskipun masih melibatkan hewan-hewan besar dalam filmnya, nyatanya film Hollywood yang dibintangi Dwayne Johnson ini tidak menggunakan papan permainan kuno lagi melainkan sebuah konsol gim.

Dikisahkan empat pemuda baru saja dihukum karena melanggar peraturan sekolah. Awalnya, mereka tidak saling kenal. Ketika mereka diperintahkan untuk merapikan gudang sekolah, salah satu dari mereka mencoba menghidupkan konsol gim lawas yang terlihat sudah tidak berfungsi.

Ketika berhasil menyala, mereka berempat tiba-tiba terhisap masuk ke dalam permainan tersebut. Masalah kembali terjadi ketika mereka tidak bisa keluar jika tidak bisa menyelamatkan Jumanji. Berhasilkah mereka kembali ke kehidupan nyata?

Aksi komedi Dwayne Johnson, Jack Black hingga Nick Jonas akan mengundang tawa sepanjang Anda menonton film Jumanji: Welcome to the Jungle 2017.

14 dari 16 halaman

13. Big Daddy

Masih ingin menyaksikan film komedi? Big Daddy bisa menjadi salah satu film yang Anda saksikan di waktu liburan penghujung tahun. Film ini dibintangi oleh Adam Sandler. Sandler sendiri merupakan aktor sekaligus sutradara yang terkenal dengan film komedinya.

Sonny (Adam Sandler) yang biasa hidup dengan kemalasannya harus mengubah kebiasaannya ketika dirinya kedatangan anak kecil yatim piatu yakni Julian. Tak butuh waktu lama untuk Sonny bisa beradaptasi dengan Julian.

Ketika Sonny sudah nyaman seperti layaknya seorang ayah, ternyata dirinya harus berurusan dengan hukum lantaran dirinya dituduh telah menyalahi aturan asuh Julian. Bagaimana Sonny membela dirinya? Anda bisa mencari jawabannya dalam Big Daddy full movie.

15 dari 16 halaman

14. The Sound of a Flower

Bagi Anda yang membutuhkan cerita dengan latar kerajaan, bisa menyaksikan film The Sound of a Flower. Film Korea yang satu ini kembali bercerita seputar penggapaian mimpi dalam hal bermusik.

Diperankan oleh Bae Suzy, Jin Chae Sun hidup di zaman Dinasti Joseon. Ada satu kesenian yang sangat digemari oleh rakyat dan juga keluarga kerajaan yakni pertunjukan Pansori. Meskipun sangat digemari, penyelenggaraan Pansori diatur dalam peraturan yang ketat. Pemain Pansori hanya boleh berasal dari kaum laki-laki saja.

Di sinilah awal mula perjuangan Chae Sun dimulai. Dirinya yang tertarik dengan Pansori sudah belajar kesenian ini sejak kecil. Ketika dirinya dewasa, peraturan dari kerajaan ini membuat dirinya harus menyembunyikan identitasnya sebagai perempuan.

Semuanya berjalan dengan baik hingga tiba semua rahasianya terbongkar. Pihak kerajaan mengetahui bahwa Chae Sun adalah perempuan. Hukuman mati pun akhirnya menunggu dirinya. Bagaimana Chae Sun membela dirinya?

16 dari 16 halaman

15. Now You See Me 2

Rekomendasi terakhir datang dari film Now You See Me 2. Cerita tentang dunia sulap akan menjadi tontonan Anda selama dua jam lebih. Film ini bercerita tentang The Four Horsemen yang ingin kabur dari kejaran FBI.

Beberapa pihak melihat bahwa aksi The Four Horsemen ini merugikan masyarakat. Padahal kenyataanya, niat mereka ingin menyelamatkan manusia dari sebuah rencana jahat yang ingin merusak privasi.

Sebuah perangkat baru direncanakan akan diluncurkan dalam waktu dekat. Banyak orang antusias menyambutnya. Namun, hanya The Four Horsemen yang mengetahui rahasia besar ini. 

Akankah usaha mulia mereka berhasil? Film Now You See Me 2 full movie bisa Anda saksikan di aplikasi Vidio.

Itulah deretan judul film yang siap menemani waktu liburan akhir tahun 2021 Anda. Jika masih kurang, Anda bisa nonton film terbaik 2021 lainnya mulai dari film Hollywood hingga film Korea dan film Asia lainnya di aplikasi Vidio. Tayangan ramah anak juga tersedia. Download aplikasi Vidio sekarang dan nikmati konten menghibur lainnya.