Sukses

Nadzira Shafa Istri Ameer Azzikra Kini Pakai Cadar, Pihak Keluarga Beberkan Alasannya

Liputan6.com, Jakarta Ameer Azzikra meninggal dunia pada 29 November 2021 setelah berjuang melawan infeksi paru-paru dan lever. Kepergiannya menyisakan duka mendalam di benak istri, Nadzira Shafa.

Beberapa minggu setelah adik Alvin Faiz itu mangkat, Nadzira Shafa tampil beda di muka publik. Cewek berhijab itu kini pakai cadar. Perubahan ini menyita perhatian khalayak.

Ketika dikonfirmasi jurnalis, Nadzira Shafa enggan bersuara. Kakaknya, Bella, menjelaskan alasan Nadzira mengenakan cadar saat ziarah ke makam suami dan di tempat umum.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 5 halaman

Canda Almarhum

“Jadi dulu almarhum tuh selalu bercanda. Kan aku berniqab, jadi kalau kita lagi makan-makan tuh ke mana-mana (Ameer) selalu bilang (ke Nadzira) sayang kamu nanti kamu pakai niqab, deh,” katanya.

Melansir dari video interviu di kanal YouTube Cumicumi, Selasa (7/12/2021), Bella menambahkan, “(Pakai cadar) kayak Kak Bella, nanti uang jajan aku tambahi deh.”

3 dari 5 halaman

Selama Masa Idah?

Hingga artikel ini disusun, belum ada tanggapan resmi dari Nadzira Shafa terkait penampilan barunya memakai cadar, apakah permanen atau hanya selama masa idah.

Terkait penampilan Nadzira Shafa, ustaz Mohay Attaly yang ditemui terpisah menjelaskan, selama masa idah dan perkabungan perempuan tidak disarankan pergi keluar rumah kecuali untuk keperluan mendesak.

 

4 dari 5 halaman

Cadar dan Solusi

“Kalau pun ternyata keluar untuk kepentingan tertentu dan enggak ada penggantinya, maka bercadar adalah solusi. Bukan menjadi kewajiban yang sedang beridah tapi untuk menghindari fitnah dalam masa idah tersebut,” urainya.

Mohay Attaly menerangkan, masa idah adalah masa berkabung sekaligus masa memberi jeda kepada wanita sebelum membuka diri ke khalayak umum atau calon pasangan yang baru. 

5 dari 5 halaman

Empat Bulan

“Tiga kali suci, tiga kali haid. Tergantung setiap wanita berbeda-beda,” Mohay menyambung. Sementara itu, Alvin Faiz, menyebut saat ini Nadzira Shafa tinggal seatap dengan keluarga mendiang ustaz Arifin Ilham.

“Karena baru ditinggal, jadi empat bulan dulu di sini paling. Setelah itu enggak tahu, kita belum mengobrol soal itu karena lagi fokus untuk tahlilan dulu. Masih berduka, belum sampai ke situ sih pembicaraannya,” beber Alvin Faiz.