Sukses

Curhat Melanie Subono Sebagai Produser Film Tentang Ibu: Begitu Jadi, Semua Bioskop Tutup

Kali pertama memproduksi film, Melanie Subono diadang pandemi Covid-19. Lalu, bagaimana nasib film Tentang Ibu?

Liputan6.com, Jakarta Melanie Subono merangkap lima jabatan saat menggarap film Tentang Ibu yang akan rilis di platform streaming dalam waktu dekat. Ia menjadi produser, produser eksekutif, membantu co-director, ide cerita, dan musik.

Memproduksi film rupanya bukan hal mudah. Ia mesti memikirkan biaya produksi hingga promosi termasuk mencari sponsor. Setiap hari adalah tantangan bagi Melanie Subono dan itu terasa menyenangkan.

Ada sejumlah cerita di balik layar yang kemudian dibagikan putri Adrie Subono selama memproduksi film Tentang Ibu. Salah satunya, Melanie Subono baru paham apa itu DOP.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Director of Photography

“Bayangkan, syuting di kota ke sekian saya baru mengerti apa itu DOP, Director of Photography,” katanya dalam interviu via ponsel, Selasa (28/9/2021). Melanie Subono dan manajemen dituntut memikirkan banyak hal dari sejak tahap praproduksi.

“Jadi basically dengan tim manajemen yang biasa ngurusin gue manggung atau MC atau gerakan sosial tiba-tiba mengurusi bujet film, mencari sponsor, oh syuting itu begini ngurus perizinannya. Setiap hari adalah tantangan,” ujar Melanie Subono.

3 dari 5 halaman

Akibat Pandemi Covid-19

Artis kelahiran Jerman, 20 Oktober 1976, mengaku tantangan tak hanya datang di tahap praproduksi dan syuting di banyak pulau. Saat tahap pascaproduksi terlewati, tantangan tak terduga datang.

“Begitu film sudah jadi, semua bioskop tutup. Festival film dunia setengahnya dibatalkan karena Covid-19 ha ha ha,” pemilik album Aku, Kamu, Mereka, Kalian memberi tahu.

 

4 dari 5 halaman

Semuanya Tantangan

Melanie Subono ingat betul, Maret 2020, Indonesia diterpa pandemi Covid-19. Kala itu, Pemerintah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar dan menutup sejumlah fasilitas umum juga tempat hiburan. Bioskop salah satu yang ditutup sementara.

Akibatnya, jadwal film Indonesia terkoreksi. Salah satunya, Tentang Ibu yang dibintangi Jajang C. Noer dan Khiva Iskak. “Dari menit ide itu ada di kepala sampai hari ini, semuanya tantangan,” ungkapnya. 

5 dari 5 halaman

Teaser untuk SCTV

Kini, bioskop dibuka lagi dengan kapasitas penonton maksimal 50 persen. Harapan baru datang. Melanie Subono bersiap mempromosikan film Tentang Ibu. Omong-omong soal promosi, ada cerita lucu saat Melanie Subono diminta membuat teaser untuk tayang di SCTV.

“Kemarin tiba-tiba saya mesti menyerahkan teaser untuk SCTV dengan durasi 15 detik, aduh mati gue (bagaimana caranya)! Semuanya menantang dan setiap hari indah karena penuh tantangan,” pungkasnya. Dengan beradaptasi dan terus belajar, ia berhasil menyelesaikannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.