Sukses

Viral, Ustaz Adi Hidayat Beli Roti Seharga Rp 86 Ribu Dibayar Cash Rp 1 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Ustaz Adi Hidayat atau karib disapa UAH mendadak viral. Videonya menawar dagangan tukang roti menyebar luas di TikTok hingga sejumlah akun di Instagram. Ustaz Adi Hidayat diketahui membayar pembelian roti dengan harga yang tak diduga-duga.

Melalui saluran YouTube Adi Hidayat Official berjudul Tutorial Nawar PPKM Ala UAH yang tayang 28 Juli 2021, Ustaz Adi Hidayat terlihat mendatangi tukang roti yang sedang berjualan di depan kantornya. Ia menyapa sang tukang roti yang terlihat masih menjual dagangannya dalam jumlah banyak.

Dalam video tersebut, terlihat Ustaz Adi Hidayat membeli roti usai selepas Maghrib. "Sudah salat belum?," tanya Ustaz Adi Hidayat kepada tukang roti yang salah tingkah mengetahui pembelinya adalah penceramah yang dikenal luas oleh masyarakat.

2 dari 5 halaman

Memilih Roti

Perbincangan dengan tukang roti beralih kepada sajian roti yang dijual. Kepada Ustaz Adi Hidayat, tukang roti tersebut menjelaskan varian rasa dari roti-roti yang masih tersisa dalam jumlah banyak di gerobak sepedanya.

"Ada (rasa) kacang merah sama kacang tanah," beri tahu si tukang roti kepada Ustaz Adi Hidayat.

3 dari 5 halaman

Traktir Teman

Ustaz Adi Hidayat tak membeli roti untuk dirinya. Ada empat rekannya yang kemudian ditawari untuk mengambil roti yang ada di hadapan mereka.

Tanpa ragu, keempat rekan Ustaz Adi Hidayat mengambil roti dengan varian rasa yang diinginkan. Mulai dari kacang merah, keju susu hingga cokelat.

4 dari 5 halaman

Total Rp 86 Ribu

Tibalah Ustaz Adi Hidayat menanyakan berapa jumlah uang yang harus dibayarkan kepada si penjual roti. Ustaz Adi Hidayat juga membantu si tukang roti menghitung jumlah roti yang dibelinya dan jumlah uang yang harus dibayarkannya.

"Jadi berapa 86 (ribu) atau seratus ribu?" tanya Ustaz Adi Hidayat. 

"86 ribu," jawab si tukang roti.

 

5 dari 5 halaman

Bayar Rp 1 Juta

Tanpa diduga, Ustaz Adi Hidayat membayar semua roti yang dijumlahkan tadi senilai Rp 1 juta. "Saya nawar nih, 1 juta saja ya," kata Ustaz Adi Hidayat yang segera mengambil uang tunai dari tasnya.

Dalam kesempatan itu, Ustaz Adi Hidayat meminta si tukang roti untuk cepat kembali ke rumah untuk melaksanakan salat Isya. "Ini, makasih banget ya Allah?" kata si tukang roti dengan ekspresi haru.