Sukses

Musisi Peraih Piala Oscar Hans Zimmer Ciptakan Nada Dering, Bantu Orang Rasakan Emosi Lewat Suara

Liputan6.com, Jakarta Musisi peraih Piala Oscar Hans Zimmer punya kesibukan baru. Ia merancang tata musik dalam format nada dering untuk ponsel pintar agar setiap notifikasi dan panggilan masuk terdengar lebih indah.

Ia berpendapat suara elemen penting karena setiap bunyi bip, ping, dan dering halus bukan sekadar penanda tetapi menghubungkan manusia dengan orang lain dalam sebuah interaksi.

Musisi kelahiran Jerman, 12 September 1957 itu berpendapat, suara menjadi penghubung antara manusia dengan kerabat dan keluarga sekaligus mengantarkan kasih sayang.

 

2 dari 5 halaman

Berubah Akibat Pandemi

Ini penting untuk dunia yang tengah diterpa wabah. “Seluruh dunia berubah akibat pandemi, dan mengubah salah satu aspek fundamental dalam hidup kita,” katanya dalam siaran pers yang diterima Showbiz Liputan6.com, Senin (10/5/2021).

“Kita sudah tak lagi bisa bertemu secara fisik. Entah bagaimana, saya merasa tugas sebagai musisi adalah mencari cara untuk memberikan semangat bahkan di tengah pandemi ini,” Hans Zimmer menyambung.

3 dari 5 halaman

Rasakan Emosi Lewat Suara

Ponsel atau gadget kemudian menjadi peranti yang sangat penting. Pertemuan di jalur virtual lewat panggilan video, Zoom, dan sejenisnya menjadi obat rindu di tengah terbatasnya ruang gerak akibat wabah.

“Itulah fungsi smartphone saat ini: menghubungkan kita dengan orang lain. Semoga nada dering yang saya ciptakan membantu banyak orang merasakan emosi hanya dari suara,” harap Hans.

4 dari 5 halaman

Meracik Musik

Hans Zimmer meracik musik sarat emosi ini untuk Oppo Find X3 Pro 5G. Ia membuat nada dering eksklusif dengan berbagai jenis instrumen orkestra indah sekaligus terkesan futuristik.

Ponsel ini punya dua nada dering eksklusif, suara alarm dan aktivasi perangkat yang lembut, serta berbagai bunyi notifikasi pesan menarik. Chief Creative Officer Oppo Indonesia, Patrick Owen, berpendapat, musik adalah bahasa universal yang menggerakkan emosi. 

5 dari 5 halaman

Rekam Jejak Hans Zimmer

“Nada dering ciptaan Zimmer yang sederhana dan epik menginspirasi optimisme dan kegembiraan. Dengan teknologi tampilan layar jutaan warna plus kinerja audio, maka hubungan kita dengan orang lain akan terasa makin indah,” ujar Patrick.

Sebagai informasi tambahan, Hans Zimmer 11 kali jadi nomine Oscars. Ia menang Piala Oscar Tata Musik Terbaik pada 1995 lewat film The Lion King. Gubahan musiknya yang monumental juga bisa disimak dalam sejumlah film box office seperti Gladiator, The Dark Knight, dan Inception.