Sukses

Zaskia Sungkar Petik Pembelajaran Berarti dari Perceraian Kedua Orangtuanya

Liputan6.com, Jakarta Zaskia Sungkar dan Shireen Sungkar harus menerima kenyataan pahit melihat kedua orangtuanya, Fanny Bauty dan Mark Sungkar, bercerai saat mereka tumbuh remaja. Meski berat, namun Zaskia Sungkar justru banyak memetik pembelajaran dari semua itu.

Salah satunya istri Irwansyah bisa merasakan proses pendewasaan diri dari perceraian kedua orangtuanya.

"Semuanya proses, aku enggak langsung kayak gitu, langsung dewasa. Aku proses pendewasaan diri, semua orang aku rasa mengalami itu," kata Zaskia Sungkar, dikutip dari kanal YouTube Venna Melinda Channel, Rabu (5/5/2021).

2 dari 4 halaman

Permasalahan

Setip manusia pasti punya permasalahan. Bila bisa menjalaninya dengan benar, pasti ada pembelajaran yang berarti.

"Bagaimana kita melihat orang lain menyelesaikan masalah, orang-orang positif di sekitar kita, yang kita contoh," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Janji Zaskia Sungkar

Dari situ Zaskia Sungkar berjanji. Bila kelak dirinya sudah menikah tidak mau nasib rumah tangganya seperti kedua orangtuanya.

"Sudah qadarullah mama papa pisah. Dulunya sering ribut, alhamdulillah-nya enggak impact apa pun untuk pernikahan anak-anaknya," kata Zaskia.

"Malah kita pernah ada omongan 'Dek (Shireen), apa yang dulu kita alami mungkin yang sebenarnya berbekas di kita justru kita jadikan pelajaran. Jangan kita terapkan itu ke anak-anak kita nanti'," sambungnya. 

4 dari 4 halaman

Tak Salahkan Orangtua

Kendati demikian Zaskia tak menyalahkan kedua orangtuanya. Lagi pula setiap manusia pasti punya jalan hidupnya sendiri

"Orangtua ngelakuin itu bukan karena enggak sayang sama kita, tapi kadang-kadang itu di luar kesadaran mereka, karena kita semua manusia biasa," ujarnya.